Rabu, 24 Agustus 2011


Merupakan kebiasaan para sabat Rasulullah SAW ketika merasakan lapar, mereka menahannya dengan menyelipkan batu kecil disela-sela antara baju dan perut mereka.

Nah, suatu saat para sahabat tersebut didera rasa lapar yang amat sangat sehingga mereka mengadu kepada Rasulullah SAW. Masing-masing kemudian mengeluarkan sebutir batu dari balik baju mereka. Tetapi ternyata Rasulullah SAW sendiri keadaanya tidak lebih baik dari mereka. Beliau malah mengeluarkan dua butir batu. Dari balik bajunya, untuk mengganjal perutnya.

Kisah yang diriwayatkan oleh Imam At-Tirmizi di atas menunjukan bahwa kelaparan adalah hal yang biasa bagi para sahabat. Bahkan Rasulullah sebagai suri tauladan pun lebih menderita dari pada mereka.

Namun Rasulullah berlapar-lapar bukan karena tidak mampu mengenyangkan perut tapi jalan itulah yang beliau pilih. Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Hibban dalam As-Shahih, malaikat jibril menyampaikan dua pilihan, apakah beliau ingin menjadi raja atau hamba dan rasul. Rasulullah memilih menjadi seorang hamba dan rasul.

Beberapa manfaat lapar yang telah di jelaskan Al-Ghazali, antara lain:

1. Mempermudah menerima ilmu

2. Sadar terhadap kelemahan

3. Mengingatkan siksa

4. Melemahkan nafsu

5. Mempermudah sedekah

6. Menyehatkan badan


Suka

2 komentar:

  1. selamat menjalani ibadah buasa gan..
    tinggal beberapa hari lagi menjelang hari kemenangan


    Mesothelioma Malignant

    BalasHapus
  2. selamat hari raya idulfitri 1432 H, minal adin wlfaizin mohon maaf lahir dan bantin.

    BalasHapus

Membuat Website Gratis
Saran Kritikan sangat diharapkan untuk membantu kami dalam penyempurnaan blog ini dan Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar yang melanggar norma-norma, berbau porno dan sejenisnya yang akan menimbulkan surasagol (Suku, Ras, Agama dan Golongan)

Copyright © 2013 Membuat Website Gratis | Powered by Blogger
Design by Theme Junkie
Blogger Template by Lasantha | PremiumBloggerTemplates.com