Kamis, 11 Agustus 2011

Silabus dan RPP IPA Terpadu Kelas VII dan VIII

Kegiatan Pembelajan dilakakan tanpa program kegiatan pembelajaran sama dengan berjalan tanpa tujuan yang jelas, maka dengan ini solusi yang harus dilakukan adalah harus dibuat sebuah langkah-langkah kegiatan untuk mencapai tujuan yang diharapkan oleh seseorang guru dan yang diharapkan oleh siswa maupun lingkungan pendidikan. Olehnya itu dengan Sibus dan RPP ini semoga bisa bermanfaat. 'salam sukses'
di bawa ini hanya sebuah cuplikan contoh RPP IPA Kelas VII, yang selengkapnya
Download di sini (file rar)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                    : 
Mata Pelajaran         : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas                        : VII/1
Tema                        :  Wujud zat dan kelarutan
Alokasi Waktu         : 4 jam pelajaran (2 kali pertemuan)

A.       Standar Kompetensi:
 Energi dan Perubahannya (3) : Memahami wujud zat dan perubahannya
 Materi dan sifatnya   (4)         :  Menjelaskan konsep partikel materi

B.        Kompetensi Dasar dan Contoh Indikator:
  Energi dan Perubahannya (3.1):
  Menyelidiki sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya dan penerapannya dalam   kehidupan sehari-hari
·      Mengamati terjadinya perubahan wujud suatu zat
·      Menggambarkan susunan dan gerak partikel pada berbagai wujud zat melalui penalaran

     Materi dan sifatnya   (4.1):
     Membandingkan sifat fisika dan sifat kimia zat
  • Menentukan titik didih, titik leleh, dan titik beku bahan-bahan materi dan sifatnya di rumah tangga berdasarkan data percobaan.
  • Menunjukkan perbedaan antara titik didih dan titik leleh.
  • Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi kelarutan zat berdasarkan data percobaan.
  • Menjelaskan variabel kontrol dan variabel manipulasi dalam proses pelarutan       

C.  Tujuan:
Setelah melakukan percobaan tentang wujud zat dan kelarutannya, peserta didik dapat:

D.  Pendekatan dan metode pembelajaran :
      - Pendekatan         : Kontekstual
       - Metode              : Eksperimen
                                      Diskusi kelompok
Load disqus comments

0 Komentar