Rabu, 16 November 2011

RPP Bahasa Indonesia Kelas XI Berkarakter

RPP Lengkap semester 1 dan 2
BSB memposting RPP ini hanya untuk jurusan IPA dan IPS saja, untuk jurusan Bahasa nanti menunggu postingan selanjutnya.
jika teman-teman tidak bosan mengunjungi blog ini.
silakan download KLIK DI SINI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)

IDENTITAS SEKOLAH,  SK, KD, INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :, ALOKASI WAKTU

NAMA SEKOLAH
SMA N 1 BOLANGITANG BARAT
MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XI (sebelas) / 1 (satu)
PROGRAM
Umum
ASPEK PEMBELAJARAN
Mendengarkan
STANDAR KOMPETENSI
1.  Memahami berbagai informasi dari sambutan/khotbah dan  wawancara
KOMPETENSI DASAR
1.1  Menemukan  pokok-pokok isi sambutan/   khotbah  yang didengar   
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :
No
Indikator Pencapaian Kompetensi           
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
1
Mencatat pokok-pokok isi sambutan atau khotbah yang didengarkan
·   Bersahabat/ komunikatif
·   Kreatif

·   Kepemimpinan
·   Keorisinilan
2
Menuliskan pokok-pokok isi sambutan  ke dalam beberapa kalimat
3
Menyampaikan (secara lisan) ringkasan sambutan atau khotbah
ALOKASI WAKTU
 4 x  45 menit ( 2 pertemuan)


TUJUAN PEMBELAJARAN
TUJUAN
Siswa mampu  menemukan  pokok-pokok isi sambutan/   khotbah  yang  didengar

MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Sambutan atau khotbah
Pokok-pokok isi sambutan
Cara membuat   ringkasan sambutan/ khotbah

METODE PEMBELAJARAN

Presentasi

V
Diskusi Kelompok

v
Inquari

V
Tanya Jawab

V
Penugasan


Demontrasi /Pemeragaan Model


STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Memahami berbagai informasi dari sambutan/khotbah dan  wawancara.
·         Menemukan  pokok-pokok isi sambutan/   khotbah
·        Sambutan atau khotbah
·        Pokok-pokok isi sambutan
·        Cara membuat   ringkasan sambutan/ khotbah
·     Siswa dapat Mencatat pokok-pokok isi sambutan atau khotbah.
·     Siswa Menuliskan pokok-pokok isi sambutan  ke dalam beberapa kalimat.

KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
PEMBUKA
(Apersepsi)
F Guru mengajak siswa untuk mengingat dan  mencermati  berbagai peristiwa bencana alam di tanah air.  Guru memperlihatkan foto-foto atau film dokumenter  kondisi lingkungan alam yang rusak.   Siswa  diajak    menemukan benang merah yang menghubungkan antara dua hal tersebut.
F Guru  mengajak siswa    peduli terhadap  kelestarian lingkungan alam melalui berbagai cara, misalnya dengan menyimak baik-baik pidato/sambutan/khotbah yang mengangkat topik isu-isu lingkungan hidup.

·   Bersahabat/ komunikatif



INTI
Pertemuan ke-1 ( 90’) 

& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Siswa diminta untuk memikirkan dan merumuskan perbedaan antara mendengarkan dan mendengar.
F Guru menanyakan kepada siswa  perbedaan /persamaan antara pidato, khotbah, dan sambutan.
F Siswa mendengarkan pembacaan/rekaman khotbah/sambutan/pidato  bertopik lingkungan.
F Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan pemahaman isi khotbah/sambutan/pidato  yang didengarkannya.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F Secara berkelompok, siswa mengidentifikasi pokok-pokok pikiran penting khotbah yang didengar.
F Siswa  membuat rangkuman isi khotbah yang didengar.
F Siswa menanggapi  beberapa pernyataan penting  yang terdapat dalam khotbah.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
·   Kreatif

Pertemuan ke-2   (90’)

& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F Siswa mengerjakan Geladi Kelompok:  mendengarkan rekaman khotbah, menjawab pertanyaan, mengidentifikasi pokok-pokok penting,  meringkas/merangkum, dan menanggapi isi khotbah,
F Guru menyampaikan tugas Geladi Diri: mendengarkan khotbah di luar sekolah baik secara langsung  di  rumah-rumah ibadah atau melalui siaran di media elektronik dan melaporkan hasil simakannya.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
·   Kreatif

PENUTUP
(Internalisasi dan  refleksi)

F Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting   yang telah dipelajari
F Siswa  diajak  merefleksikan nilai-nilai  serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran
F Guru menghimbau siswa untuk dapat menjadi pendengar yang baik, cerdas, dan kritis saat mendengarkan khotbah
                                                                                              
·   Bersahabat/ komunikatif


 SUMBER BELAJAR
V
Pustaka rujukan
Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman 1-8
Komposisi karya Gorys Keraf terbitan Nusa Indah halaman  261-269
Strategi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah, penyunting Slamet Soewandi, dkk.  terbitan Universitas Sanata Dharma  

V
Material: VCD, kaset, poster
Flim dokumenter yang memperlihatkan eksploitasi alam dan dampak yang ditimbulkan
Gambar perusakan  alam dan bencana-bencana alam yang disebabkan kerusakan lingkungan

V
Mediacetak dan elektronik
rekaman / tayangan   khotbah/pidato/sambutan   dari radio atau televisi

Website internet


Narasumber


Model peraga

V
Lingkungan
Lingkungan   masyarakat  sekitar siswa

PENILAIAN



TEKNIK DAN BENTUK
V
Tes  Lisan
V
Tes Tertulis 
V
Observasi Kinerja/Demontrasi
V
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
V
Pengukuran Sikap

Penilaian diri

INSTRUMEN /SOAL


Tugas untuk menyimak/mendengarkan khotbah/pidato.
Daftar pertanyaan  pemahaman isi khotbah.
Tugas untuk merangkum dan menanggapi isi khotbah.
Tugas geladi diri untuk menyimak khotbah/pidato di rumah (baik langsung maupun rekamannya)
Daftar pertanyaan Kuis Uji Teori untuk mengukur pemahaman siswa atau konsep-konsep yang telah dipelajari

RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
Rubrik Penilaian Merangkum/meringkas isi pidato  (terlampir di bawah)

Load disqus comments

0 Komentar