RPP Bahasa Indonesia Kelas XII Berkarakter

RPP ini lengkap dengan semester 1 dan 2 untuk jurusan IPA dan IPS.
bagi teman-teman guru yang ingin download KLIK DI SINI
selamat download semoga bermanfaat dan mudah-mudahan membawa berkah.

RENCANA PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XII (dua belas) / 2 (dua)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
3  x  45 menit
TEMA

STANDAR KOMPETENSI
10. Mengungkapkan informasi melalui presentasi program/proposal dan  pidato tanpa teks
KOMPETENSI DASAR
10.2 Berpidato tanpa teks dengan lafal,  intonasi, nada, dan sikap yang tepat
ASPEK PEMBELAJARAN
Berbicara
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
·   Mampu menjelaskan macam-macam metode berpidato
·   Mampu menyiapkan pidato tanpa teks dengan tema tertentu
·   Mampu membawakan pidato dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat
·   Mampu mencatat hal-hal yang perlu diperbaiki dari pidato yang disampaikan teman
·   Mampu memperbaiki cara berpidato dan isi pidato berdasarkan catatan atau masukan teman
·   Mandiri
·   Kreatif
·   Bersahabat/ komunikatif
·   Kepemimpinan
·   Percaya diri
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Pengertian dan macam-macam metode berpidato
Ide pidato dengan tema-tema tertentu
Cara menyiapkan pidato tanpa teks
Cara berpidato dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat
Cara mencatat kekurangan pidato yang disampaikan teman
Cara memperbaiki kekurangan pidato teman





KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
PEMBUKA
(Apersepsi)
F Siswa ditanya pemahamannya tentang manfaat berpidato
F Siswa diajak untuk mengemukakan pendapatnya tentang forum-forum yang sering menampilkan kegiatan berpidato
·   Mandiri

INTI
& Eksplorasi
Siswa menyiapkan pidato tanpa naskah
& Elaborasi
F Siswa mendiskusikan pengertian pidato
F Siswa mendiskusikan macam-macam metode berpidato
F Siswa berdiskusi untuk menentukan tema pidato
F Siswa melaksanakan kegiatan berpidato
F Siswa mencatat kekurangan pidato yang dilakukan oleh siswa lain
F Siswa mengajukan usulan perbaikan pidato
F Siswa memperbaiki cara berpidato dan isi pidato berdasarkan catatan atau masukan teman
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
·      Kreatif

PENUTUP
(Internalisasi & persepsi)

F Siswa merefleksikan kesalahan berpidato pada umumnya
F Siswa mengungkapkan pengalamannya ketika berpidato
F Siswa menjawab soal-soal uji kompetensi dan kuis uji teori
·      Bersahabat/ komunikatif

METODE DAN SUMBER BELAJAR




Sumber Belajar
  v
Pustaka rujukan
Alex Suryanto dan Agus Haryanta. 2007. Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA Kelas XII. Jakarta : ESIS-Erlangga halaman
164-169
Maidar G. Arsjad, Mukti U.S. 1991. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta : Erlangga
  v
Material: VCD, kaset, poster
Rekaman/audio visual pidato atau pembelajaran berpidato
 
Media cetak dan elektronik


Website internet

 v
Narasumber
Orator
 V
Model peraga
Siswa yang mempunyai pengalaman banyak berpidato
 v
Lingkungan
Kejadian di masyarakat yang banyak menampilkan kegiatan berpidato


Metode
 v
Presentasi

 v
Diskusi Kelompok

 v
Inquari

 v
Demontrasi /Pemeragaan Model

PENILAIAN



TEKNIK DAN BENTUK
  v
Tes  Lisan
  v
Tes Tertulis 
  v
Observasi Kinerja/Demontrasi
  v
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
  v
Pengukuran Sikap

Penilaian diri
INSTRUMEN /SOAL
Daftar pertanyaan lisan tentang manfaat berpidato
Tugas/perintah untuk melakukan diskusi, presentasi, dan demonstrasi
Daftar pertanyaan uji kompetensi dan kuis uji teori untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap teori dan konsep yang sudah dipelajari
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
RUBRIK PENILAIAN BERPIDATO
NAMA                                                :
KELAS/NO. ABS                 :
TANGGAL PENILAIAN                  :
KOMPETENSI DASAR      : Berpidato tanpa teks dengan lafal,  intonasi, nada,
                                                      dan sikap yang tepat

No.
Aspek yang Dinilai

Tingkatan Skala
01.
Keakuratan informasi (amat tidak akurat – amat akurat)
       0  1  2  3   4  5  6  7  8  9  10

02.
Hubungan antar-informasi (amat sedikit – amat banyak)
       0  1  2  3   4  5  6  7  8  9  10

03.
Ketepatan struktur dan kosa kata
(amat tidak tepat – amat tepat)
       0  1  2  3   4  5  6  7  8  9  10

04.
Kelancaran berpidato (terbata-bata – amat ancer)
       0  1  2  3   4  5  6  7  8  9  10

05.
Kewajaran urutan wacana (tak normal – normal)
       0  1  2  3   4  5  6  7  8  9  10

06.
Gaya pengucapan (amat kaku – amat wajar)
       0  1  2  3   4  5  6  7  8  9  10

07.
Lafal (amat tidak jelas – amat jelas
       0  1  2  3   4  5  6  7  8  9  10

08.
Intonasi dan nada (amat jelek – amat baik)
       0  1  2  3   4  5  6  7  8  9  10


09.
Nada (amat monoton – amat variatif)
       0  1  2  3   4  5  6  7  8  9  10

10.
Sikap (amat tidak wajar – amat wajar)
       0  1  2  3   4  5  6  7  8  9  10



Jumlah skor : ……….

Komentar

Posting Komentar

Membuat Website Gratis
Saran Kritikan sangat diharapkan untuk membantu kami dalam penyempurnaan blog ini dan Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar yang melanggar norma-norma, berbau porno dan sejenisnya yang akan menimbulkan surasagol (Suku, Ras, Agama dan Golongan)