Kamis, 17 November 2011

RPP lengkap semester 1 dan 2
Download KLIK DI SINI


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas / Semester        : XI (Sebelas)/ 1
Pertemuan                 : 1 dan 2
Alokasi Waktu           : 4  jam pelajaran
Standar Kompetensi : 1.   Memahami struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan
Kompetensi Dasar    :  1.1 Mendeskripsikan komponen kimiawi sel, struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan.
Tujuan                       : 1.   Siswa mampu membuat preparat pengamatan sel hewan dan sel tumbuhan, mengamati, dan menggambar hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
                                       2.   Siswa mampu menjelaskan perbedaan sel mati dan sel hidup, sel hewan dan sel tumbuhan, serta sel prokariotik dan sel eukariotik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

I.    Indikator Pencapaian Kompetensi
·         Membuat preparat pengamatan mikroskopis sel hewan dan sel tumbuhan
·         Menggambar struktur sel berdasarkan hasil pengamatan mikroskopis
·         Membandingkan struktur sel hidup dan sel mati
·         Membandingkan struktur sel hewan dan sel tumbuhan
·         Menjelaskan struktur dan fungsi membran sel, sitoplasma, dan inti sel
·         Mendeskripsikan perbedaan struktur sel prokariotik dan sel eukariotik

II.  Materi Ajar
·         Struktur sel dan fungsi sel meliputi,
1.      Membran sel
2.      Sitoplasma
3.      Inti sel
·         Perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan
·         Sel prokariotik dan sel eukariotik


III. Metode Pembelajaran
Pengamatan-diskusi-penugasan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Mengamati struktur sel hewan dan sel tumbuhan
·  Membuat peta konsep sel
·  Membuat preparat pengamatan mikroskopis sel
·  Menggunakan mikroskop untuk pengamatan sel
·  Menggambar sel sesuai dengan hasil pengamatan mikroskopis
·  Membedakan struktur sel hidup dan sel mati
·  Membedakan struktur sel hewan dan sel tumbuhan
·     Menentukan nama  bagian-bagian sel hasil pengamatan mikroskopis
·     Siswa dapat Membuat preparat pengamatan mikroskopis sel hewan dan sel tumbuhan
·     Siswa dapat Menggambar struktur sel berdasarkan hasil pengamatan mikroskopis
·     Siswa dapat Membandingkan struktur sel hidup dan sel mati
·     Siswa dapat Membandingkan struktur sel hewan dan sel tumbuhan
·     Siswa dapat Menjelaskan struktur dan fungsi membran sel, sitoplasma, dan inti sel
·     Siswa dapat Mendeskripsikan perbedaan struktur sel prokariotik dan eukariotik

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 jam pembelajaran)
A.    Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru memberi pengantar ruang lingkup materi tentang sel.
·         Guru meminta siswa melakukan pengamatan sel dengan menggunakan Kegiatan 1.3 dan 1.4.
B.     Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Guru mendemonstrasikan cara membuat preparat pengamatan mikroskopis sel tumbuhan dan sel hewan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa mengambil alat dan bahan untuk praktek pengamatan sel  tumbuhan dan sel hewan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·        Siswa  membuat preparat sel tumbuhan kemudian mengamati di bawah mikroskop(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·        Siswa menggambar hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·        Siswa membuat preparat sel hewan kemudian mengamatinya di bawah mikroskop. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·        Siswa menggambar hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa membuat laporan hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.)
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa dan guru menyimpulkan struktur sel yang dapat diamati dengan menggunakan mikroskop cahaya dan fungsinya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan berdasarkan hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Pertemuan 2 (2 jam pelajaran)
A.    Kegiatan awal (10 menit)
·        Guru menanyakan kembali perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan. 
B.     Kegiatan Inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·        Guru menunjukkan gambar sel-sel gabus dan sel hewan/sel tumbuhan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·        Siswa diminta membedakan sel hewan/sel tumbuhan dengan sel gabus. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·        Siswa diminta memberi nama bagian-bagian sel hewan dan tumbuhan dan fungsinya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·        Guru menunjukkan gambar sel bakteri. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·        Siswa diminta membedakan struktur sel hewan/sel tumbuhan dengan sel bakteri. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·        Siswa menyimpulkan perbedaan sel eukariotik dan sel prokariotik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·        Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·        Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.)
C.     Kegiatan Akhir (10 menit)
·        Siswa bersama guru menyimpulkan perbedaan sel hidup dan sel mati, sel hewan dan sel tumbuhan, serta sel eukariotik dan sel prokariotik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

V.  Alat/Bahan/Sumber
·         Buku Kerja Biologi 2A, Ign Khristiyono, Esis
·         Buku Biologi XI, Dyah Aryulina, Esis, Bab 1
·         Mikroskop
·         Lembar Kegiatan 1.3 dan 1.4
VI. Penilaian
·         Laporan hasil pengamtan sel
·         Uji kompetensi tertulis
Suka
filed under:

0 Komentar:

Posting Komentar

Membuat Website Gratis
Saran Kritikan sangat diharapkan untuk membantu kami dalam penyempurnaan blog ini dan Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar yang melanggar norma-norma, berbau porno dan sejenisnya yang akan menimbulkan surasagol (Suku, Ras, Agama dan Golongan)

Copyright © 2013 Membuat Website Gratis | Powered by Blogger
Design by Theme Junkie
Blogger Template by Lasantha | PremiumBloggerTemplates.com