RPP Biologi Kelas XII Berkarakter

RPP lengkap semester 1 dan 2  Download  KLIK DI SINI


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah           :  SMAN 1 BOLANGITANG BARAT
Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas/ Semester         : XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan                 : 1, 2,  dan 3
Alokasi Waktu           : 6 × 45 menit
Standar Kompetensi:   1.  Melakukan percobaan pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan
Kompetensi Dasar    : 1.1 Merencanakan percobaan pengaruh luar terhadap pertumbuhan tumbuhan.
Tujuan                          :     1.            Siswa mampu memahami konsep pertumbuhan dan faktor yang mempengaruhinya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
                                       2.   Siswa mampu menyusun rencana penelitian  pengaruh faktor tertentu terhadap pertumbuhan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

I.       Indikator Pencapaian Kompetensi
·   Menemukan adanya gejala pertumbuhan dan perkembangan
·   Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan pada tumbuhan
·   Merumuskan masalah berdasarkan gejala pertumbuhan yang ditemukan
·   Merumuskan hipotesis dari rumusan masalah yang sudah dirumuskan
·   Merumuskan variabel penelitian untuk menguji hipotesis
·   Menyusun unit-unit penelitian
·   Membuat tabel pengamatan
·   Menyusun rencana penelitian tertulis

II.    Materi Ajar
·   Pengertian pertumbuhan dan perkembangan
·   Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan pada tumbuhan
1.      faktor internal
2.      faktor eksternal
·   Menyusun rencana penelitian


III. Metode Pembelajaran
Pengamatan – Diskusi – Penugasan –  Presentasi

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Melengkapi peta konsep
·     Merumuskan pengertian pertumbuhan dan perkembangan
·     Mengumpulkan informasi faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan
·     Menemukan adanya gejala pertumbuhan
·     Merumuskan masalah
·     Merumuskan hipotesis
·     Menyusun variabel penelitian
·     Membuat rencana penelitian tertulis
·     Studi membaca dan diskusi untuk memahami konsep pertumbuhan dan perkembangan serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan  pada tumbuhan
·     Tugas kegiatan 1.1 Pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan
·     Diskusi menyusun rencana penelitian
·     Presentasi rencana penelitian
·     Siswa dapat Menemukan adanya gejala pertumbuhan dan perkembangan
·     Siswa dapat Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan pada tumbuhan
·     Siswa dapat Merumuskan masalah berdasarkan gejala pertumbuhan yang ditemukan
·     Siswa dapat Merumuskan hipotesis dari rumusan masalah yang sudah dirumuskan
·     Siswa dapat Merumuskan variabel penelitian untuk menguji hipotesis
·     Siswa dapat Menyusun unit-unit penelitian
·     Siswa dapat Membuat tabel pengamatan
·     Siswa dapat Menyususun rencana penelitian tertulis

IV.             Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 × 45 menit)
A.    Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru meminta siswa untuk mengidentifikasi adanya gejala pertumbuhan terutama pada tumbuhan.
·         Siswa bersama guru merumuskan pengertian pertumbuhan.
B.     Kegiatan inti (60 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Siswa bersama guru mendiskusikan perkembangan biji dan bakal buah. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa bersama guru mendiskusikan pertumbuhan primer dan sekunder pada tumbuhan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa bersama guru mendiskusikan pengaruh beberapa faktor luar (eksternal) terhadap pertumbuhan tumbuhan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa bersama guru mendiskusikan beberapa faktor dalam (internal) terhadap pertumbuhan tumbuhan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
C.     Kegiatan akhir (20 menit)
·         Guru menanyakan kembali kepada siswa konsep pertumbuhan dan faktor yang mempengaruhinya untuk mengambil kesimpulan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Guru menugaskan siswa untuk melaksanakan eksperimen dengan Kegiatan 1.1. Pertumbuhan dan perkembangan pada buku halaman 16 di rumah. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Pertemuan 2 (2 × 45 menit)
A.    Kegiatan awal (20 menit)
·         Guru menanyakan hasil penugasan dari Kegiatan 1.1. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa bersama guru mendiskusikan penerapan metode ilmiah dengan menggunakan Kegiatan 1.1. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

B.     Kegiatan inti (60 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Guru membagi siswa dalam kelas menjadi beberapa kelompok. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Guru menugaskan siswa dalam kelompok untuk membuat rencana penelitian untuk menguji adanya pengaruh faktor tertentu terhadap pertumbuhan dengan menggunakan Proyek di buku halaman. 23. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa dalam kelompok berdiskusi untuk penyusunan rencana penelitian. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru mengecek hasil masing-masing kelompok apabila belum selesai dapat diselesaikan di luar jam pelajaran. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Guru menugaskan siswa untuk mempersiapkan presentasi hasil diskusi pada pertemuan berikutnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);




Pertemuan 3 (2 × 45 menit)
A.    Kegiatan awal (10 menit)
·         Siswa dibantu guru mempersiapkan ruang kelas untuk presentasi.
·         Guru mengatur urutan kelompok untuk presentasi.

B.     Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Masing-masing kelompok secara bergantian melakukan presentasi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa yang tidak presentasi memberikan tanggapan, saran, dan usulan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Guru memberikan penilaian dan saran untuk perbaikan rencana penelitian setelah satu kelompok tampil presentasi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru menugaskan siswa untuk melakukan penelitian secara mandiri sesuai dengan rencana penelitian yang sudah disepakati. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

V.                Alat/ Bahan/ Sumber
·    Buku  Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
·    Buku kerja siswa IIIA, Ign. Khristiyono, Esis
·    Alat bantu presentasi

VI.             Penilaian
·    Tugas kelompok penyusunan proposal
·    Presentasi proposal penelitian
·    Uji kompetensi tertulis

Komentar

Posting Komentar

Membuat Website Gratis
Saran Kritikan sangat diharapkan untuk membantu kami dalam penyempurnaan blog ini dan Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar yang melanggar norma-norma, berbau porno dan sejenisnya yang akan menimbulkan surasagol (Suku, Ras, Agama dan Golongan)