RPP Ekonomi Kelas X Berkarakter lengkap semester 1 dan 2
silakan download KLIK DI SINI
silakan download KLIK DI SINI
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA N 1 BOLANGITANG
BARAT
Mata Pelajaran :
Ekonomi
Kelas / Semester :
X (sepuluh) / 1
Standar Kompetensi:
1. Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem
ekonomi.
Kompetensi Dasar : 1.1 Mengidentifikasi kebutuhan manusia.
Indikator Pencapaian Kompetensi : 1. Mendeskripsikan pengertian kebutuhan.
2. Mendeskripsikan
jenis-jenis kebutuhan.
3.Mengidentifikasi hal-hal yang
mempengaruhi kebutuhan.
5.Mendeskripsikan macam-macam benda pemuas
kebutuhan.
6. Mendeskripsikan kegunaan benda pemuas
kebutuhan.
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
a) Siswa dapat mendeskripsikan pengertian kebutuhan.
b) Siswa dapat mendeskripsikan jenis-jenis
kebutuhan.
c) Siswa dapat mengidentifikasi hal-hal yang
mempengaruhi kebutuhan.
d)
Siswa dapat mengidentifikasi pengertian benda pemuas
kebutuhan.
e) Siswa dapat mendeskripsikan macam-macam
benda pemuas kebutuhan.
f) Siswa dapat mendeskripsikan kegunaan benda
pemuas kebutuhan.
Karakter siswa yang diharapkan :
§ Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Kerja
keras, jujur, saling menghargai orang lain,
, inovatif,
B. Materi Pokok
Kebutuhan manusia
C. Uraian Materi
a)
Pengertian kebutuhan
b)
Macam-macam kebutuhan
c)
Hal-hal yang mempengaruhi kebutuhan
d)
Pengertian benda pemuas kebutuhan
e)
Macam-macam benda pemuas kebutuhan
f)
Kegunaan benda pemuas kebutuhan
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan
manusia, kelangkaan, dan sistem ekonomi.
|
·
Mencari
informasi tentang pengertian kebutuhan manusia melalui berbagai macam sumber.
|
·
Siswa
dapat Mengidentifikasi kebutuhan manusia.
|
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengingatkan dan
mengembangkan pengetahuan siswa tentang kebutuhan siswa sendiri dan pengertian
kebutuhan pada umumnya. Kemudian guru mempersilakan siswa memasuki ruang audio
visual untuk melihat tayangan yang berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan atau
melakukan kunjungan ke pasar di daerah sekitar. Selama kegiatan tersebut, guru
menghimbau siswa untuk mencatat hal-hal yang penting.
b. Motivasi
Pemenuhan kebutuhan adalah salah
satu kegiatan ekonomi yang sangat mendasar. Pada pemenuhan kebutuhan, terlihat
sikap seseorang dalam perencanaan perjalanan hidupnya.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
a.
Siswa
dapat mendeskripsikan pengertian kebutuhan.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa
dikelompokkan menjadi enam kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri
dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
b. Kelompok
pertama diberi tugas untuk mendeskripsikan pengertian kebutuhan.(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk
mendeskripsikan jenis-jenis kebutuhan.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk
mengidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi kebutuhan.(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
e. Kelompok keempat diberi tugas untuk
mengidentifikasi pengertian benda pemuas kebutuhan.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
f. Kelompok kelima diberi tugas untuk
mendeskripsikan macam-macam benda pemuas kebutuhan.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
g. Kelompok keenam diberi tugas untuk
mendeskripsikan kegunaan benda pemuas kebutuhan.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
h. Masing-masing kelompok mempersentasikan
tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
i. Dengan bimbingan guru, siswa membuat
kesimpulan.(nilai yang
ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan
refleksi. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
b.
Penilaian. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
- Tes lisan dengan beberapa pertanyaan (kognitif)
- Lembar pengamatan (afektif)
- Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa
mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
G. Sumber dan Alat
Buku teks, LCD, spidol
Mengetahui Bolangitang, Juli 2011
Kepala SMA N 1 Bolangitang Barat Guru
Mata Pelajaran Ekonomi
Drs. M.M Djenaan La
Ode Sarfila, S.Pd
NIP. 19520421 197903 1 007 NIP.
19801005 201001 1 012
Komentar
Posting Komentar
Membuat Website Gratis
Saran Kritikan sangat diharapkan untuk membantu kami dalam penyempurnaan blog ini dan Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar yang melanggar norma-norma, berbau porno dan sejenisnya yang akan menimbulkan surasagol (Suku, Ras, Agama dan Golongan)