RPP Geografi Kelas XI Berkarakter


BAB 1. BIOSFER
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  : SMA N 1 BOLANGITANG BARAT
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : XI (sebelas)/1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Menganalisis fenomena biosfer dan antroposfer
Kompetensi Dasar                   : 1.1. Menjelaskan pengertian fenomena biosfer
Indikator Pencapaian Kompetensi: - Mendeskripsikan pengertian fenomena biosfer  
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-          Mengungkapkan kembali pengertian fenomena biosfer
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif,

B.     Materi Pembelajaran
-          Pengertian biosfer
-          Fenomena biosfer

C.    Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, life skills, penugasan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·   Menjelaskan pengertian fenomena biosfer
·   Mengungkapkan kembali fenomena biosfer dari bahan berbagai referensi
·    Secara berkelompok, mendiskusikan faktor-faktor  yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna, kemudian presentasi
·   Siswa dapat Carilah pengertian biosfer dari situs internet!
·   Diskusikanlah faktor-faktor  yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1.    Kegiatan Pendahuluan: 5 menit
·         Memberi salam dan mengabsen
·         Apersepsi materi
2.    Kegiatan Inti: 30 menit
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·           Guru menjelaskan pengertian biosfer dan fenomenanya secara garis besar dengan menggunakan gambar  (hal 3-4). (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·           Penugasan secara individu, siswa mencari pengertian biosfer dari berbagai pakar dari situs internet. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·           Siswa membuat karangan secara individu mengenai hasil temuan dari situs internet dengan mencantumkan sumbernya. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·           Tanya-jawab berdasarkan hasil temuan siswa dari internet dan mencermati contoh pandangan tokoh mengenai pengertian biosfer di buku sumber (hal 3-4). (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)

RPP Geografi Kelas XI Lengkap semester 1 dan 2
Bagi rekan-rekan ingin download KLIK DI SINI

Komentar