RPP Geografi Kelas XII Berkarakter

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP Lengkap semester 1 dan 2 
Bagi rekan-rekan yang ingin Download KLIK DI SINI
NAMA SEKOLAH        :  SMA Negeri 1 Bolangitang Barat
MATA PELAJARAN     :  Geografi
KELAS                            :  XII
SEMESTER                    :  1 ( satu )
TAHUN PELAJARAN              :  2011/2012
ALOKASI WAKTU       :  4 x 40 menit


I.     STANDAR KOMPETENSI
1.      Mempraktekkan ketrampilan dasar peta dan pemetaan

II.    KOMPETENSI DASAR
1.1.Mendeskripsikan prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan

III.  TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu
·         Menunjukkan komponen-komponen peta
·        Mengidetifikasi prinsip dasar peta dan pemetaan peta wilayah pada bidang datar
·         Mempraktekkan prinsip proyeksi peta ke bidang datar
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif,

IV.   MATERI PEMBELAJARAN
Prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan

V.   INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
·         Menunjukkan komponen-komponen peta
·        Mengidetifikasi prinsip dasar peta dan pemetaan peta wilayah pada bidang datar
·         Mempraktekkan prinsip proyeksi peta ke bidang datar

VI.   METODE PEMBELAJARAN
Ceramah, Tanya jawab, Penugasan


Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Mendeskripsik-an prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan
·         Secara individu, mengidentifikasi komponen peta pada atlas
·         Secara kelompok diskusi tentang penggambaran satu wilayah pada globe ke bidang datar
·         Secara kelompok membuat peta suatu wilayah dari globe ke bidang datar
·         Siswa dapat Menunjukkan komponen-komponen peta
·         Siswa dapat Mengidentifikasi prinsip dasar peta dan pemetaan membuat peta wilayah pada bidang datar
·         Siswa dapat Mempraktekkan prinsip proyeksi peta ke bidang datar

VII.  LANGKAH – LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.  Kegiatan Pendahuluan:
· Apersepsi: guru menyapa siswa, kemudian mengabsen.
· Guru bertanya tentang komponen peta.
2.  Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
· Siswa merespon pertanyaan guru. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
· Guru meminta siswa menunjukkan komponen peta pada atlas. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
· Siswa diskusi tentang penggambaran wilayah pada globe ke bidang datar. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
· Siswa secara berkelompok menggambarkan wilayah pada globe ke bidang datar. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
· Siswa presentasi menjelaskan cara menggambar wilayah pada globe ke bidang datar. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
· Guru menjelaskan tentang penggambaran wilayah pada globe ke bidang datar. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
3.  Kegiatan Penutup:
· Melakukan refleksi materi yang telah dibahas. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
· Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.  (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
· Secara individu, siswa membuat kliping tentang pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan (berisi tentang rangkuman, tanggapan, dan sumber) (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);



VIII.  SUMBER BELAJAR / ALAT / BAHAN                 : 
-       Sumber
·         Aryono Prihandito (1989), Kartografi, Yogyakarta Mitra Gama Widya
·         Buku Geografi yang relevan
-       Alat                 
·         Atlas
·         Globe
·         Peta
·         Denah
·         Buku-buku yang relevan

IX.  PENILAIAN
·         Jenis tagihan      :  Tugas individu, tugas kelompok, tes tertulis
·         Bentuk tagihan  :  Laporan, uraian berstruktur
·         Instrumen penilaian
1.       Sebutkan komponen-komponen peta!
2.       Sebutkan macam proyeksi peta!
3.       Sebutkan 3 syarat peta!
4.       Jelaskan cara pembuatan peta!

Komentar