Minggu, 20 November 2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP Lengkap semester 1 dan 2 
Bagi rekan-rekan yang ingin Download KLIK DI SINI
NAMA SEKOLAH        :  SMA Negeri 1 Bolangitang Barat
MATA PELAJARAN     :  Geografi
KELAS                            :  XII
SEMESTER                    :  1 ( satu )
TAHUN PELAJARAN              :  2011/2012
ALOKASI WAKTU       :  4 x 40 menit


I.     STANDAR KOMPETENSI
1.      Mempraktekkan ketrampilan dasar peta dan pemetaan

II.    KOMPETENSI DASAR
1.1.Mendeskripsikan prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan

III.  TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu
·         Menunjukkan komponen-komponen peta
·        Mengidetifikasi prinsip dasar peta dan pemetaan peta wilayah pada bidang datar
·         Mempraktekkan prinsip proyeksi peta ke bidang datar
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif,

IV.   MATERI PEMBELAJARAN
Prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan

V.   INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
·         Menunjukkan komponen-komponen peta
·        Mengidetifikasi prinsip dasar peta dan pemetaan peta wilayah pada bidang datar
·         Mempraktekkan prinsip proyeksi peta ke bidang datar

VI.   METODE PEMBELAJARAN
Ceramah, Tanya jawab, Penugasan


Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Mendeskripsik-an prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan
·         Secara individu, mengidentifikasi komponen peta pada atlas
·         Secara kelompok diskusi tentang penggambaran satu wilayah pada globe ke bidang datar
·         Secara kelompok membuat peta suatu wilayah dari globe ke bidang datar
·         Siswa dapat Menunjukkan komponen-komponen peta
·         Siswa dapat Mengidentifikasi prinsip dasar peta dan pemetaan membuat peta wilayah pada bidang datar
·         Siswa dapat Mempraktekkan prinsip proyeksi peta ke bidang datar

VII.  LANGKAH – LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.  Kegiatan Pendahuluan:
· Apersepsi: guru menyapa siswa, kemudian mengabsen.
· Guru bertanya tentang komponen peta.
2.  Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
· Siswa merespon pertanyaan guru. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
· Guru meminta siswa menunjukkan komponen peta pada atlas. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
· Siswa diskusi tentang penggambaran wilayah pada globe ke bidang datar. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
· Siswa secara berkelompok menggambarkan wilayah pada globe ke bidang datar. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
· Siswa presentasi menjelaskan cara menggambar wilayah pada globe ke bidang datar. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
· Guru menjelaskan tentang penggambaran wilayah pada globe ke bidang datar. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
3.  Kegiatan Penutup:
· Melakukan refleksi materi yang telah dibahas. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
· Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.  (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
· Secara individu, siswa membuat kliping tentang pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan (berisi tentang rangkuman, tanggapan, dan sumber) (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);



VIII.  SUMBER BELAJAR / ALAT / BAHAN                 : 
-       Sumber
·         Aryono Prihandito (1989), Kartografi, Yogyakarta Mitra Gama Widya
·         Buku Geografi yang relevan
-       Alat                 
·         Atlas
·         Globe
·         Peta
·         Denah
·         Buku-buku yang relevan

IX.  PENILAIAN
·         Jenis tagihan      :  Tugas individu, tugas kelompok, tes tertulis
·         Bentuk tagihan  :  Laporan, uraian berstruktur
·         Instrumen penilaian
1.       Sebutkan komponen-komponen peta!
2.       Sebutkan macam proyeksi peta!
3.       Sebutkan 3 syarat peta!
4.       Jelaskan cara pembuatan peta!
Suka
filed under:

0 Komentar:

Posting Komentar

Membuat Website Gratis
Saran Kritikan sangat diharapkan untuk membantu kami dalam penyempurnaan blog ini dan Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar yang melanggar norma-norma, berbau porno dan sejenisnya yang akan menimbulkan surasagol (Suku, Ras, Agama dan Golongan)

Copyright © 2013 Membuat Website Gratis | Powered by Blogger
Design by Theme Junkie
Blogger Template by Lasantha | PremiumBloggerTemplates.com