Silabus Fisika Kelas X Berkarakter

Silabus lengkap terdiri dari semester 1 dan 2
sudah dilengkapi dengan pendidikan budaya dan karakter bangsa dan kewirausahaan.
buat guru sma yang akan medowload silabus ini jangan lupa yang komentarnya
Dowload



Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
Kegiatan pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
 Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
1.1 Mengukur besaran fisika (massa, panjang, dan waktu)
Pengukuran Massa, Panjang, dan Waktu
  Jujur
  Toleransi
  Mandiri
  Demokratis
  Komunikatif
  Tanggung Jawab
  Percaya diri
  Berorientasi tugas dan hasil

·       Membuat daftar (tabel)  nama besaran, alat ukur, cara mengukur, dan satuan yang digunakan secara individu yang berlaku di daerah setempat (misalnya: untuk ukuran massa: mayam di Sumut, untuk ukuran panjang: tumbak di Jabar).
·       Mengukur besaran panjang, massa, dan waktu dengan beberapa jenis alat ukur: mistar milimeter, jangka sorong, mikrometer, neraca lengan, neraca pegas, dan stopwatch secara berkelompok di sekolah.
·       Mengolah hasil pengukuran dengan mempertimbangkan kesalahan relatif pengukuran dalam diskusi kelas.




-      Menggunakan alat ukur besaran panjang, massa, dan waktu dengan beberapa jenis alat ukur.



-      Mengukur besaran panjang, massa, dan waktu dengan mempertimbangkan ketelitian dan ketepatan.

Tes unjuk kerja





Tes tertulis

Uji petik kerja produk





Tes PG









Tes uraian

Isilah tabel berikut dengan mengamati skala pada beberapa alat-alat ukur panjang. Tentukan nst serta ketidakpastiannya.

Pasangan besaran dan satuan yang berdasarkan satuan Sistem Internasional adalah ....
a. waktu, menit
b. panjang, inci
c. massa, kilogram
d. suhu, celcius
e. jumlah zat, candela

Apa yang harus dilakukan agar pengukuran memiliki kesalahan sekecil mungkin.


6 x 40’

Buku Fisika SMA dan MA Jl. 1A (Esis) h. 1-52, lembar kerja, alat dan bahan prktikum.
1.2  Melakukan penjumlahan vektor.
Penjumlahan Vektor
  Jujur
  Toleransi
  Mandiri
  Demokratis
  Komunikatif
  Tanggung Jawab
  Percaya diri
  Berorientasi tugas dan hasil

·       Menggambar vektor, resultan vektor, komponen vektor serta menghitung besar dan arah resultan vektor dalam diskusi kelas.
·       Melakukan percobaan untuk menemukan resultan dua vektor sebidang.
·       Menerapkan operasi vektor dalam pemecahan masalah secara individu.
-      Menjumlahkan dua vektor atau lebih secara grafis.





-      Menjumlahkan dua vektor secara analisis.

Tes tertulis









Tes tertulis



Tes PG









Tes uraian

Besar vektor A = 3 satuan dan besar vektor B = 4 satuan. Bila besar vektor resultan (A+B) = 5 satuan, maka sudut antara vektor A  dan vektor B adalah ....       a. 300                                             d. 730               b. 450                                             e. 900       c. 600                

Tentukan resultan dari gaya berikut: 50 N dengan membentuk sudut 300 terhadap sumbu +X, gaya 80 N dengan membentuk sudut 1350 terhadap sumbu +X, dan 30 N dengan membentuk sudut 2400  terhadap sumbu +X.


6 x 40'

Buku Fisika SMA dan MA Jl. 1A (Esis) h. 53-72 dan buku referensi yang relevan.















Komentar