- Dapatkan link
- Aplikasi Lainnya
Silabus lengkap terdiri dari semester 1 dan 2
sudah dilengkapi dengan pendidikan budaya dan karakter bangsa dan kewirausahaan.
buat guru sma yang akan medowload silabus ini jangan lupa yang komentarnya
Dowload
sudah dilengkapi dengan pendidikan budaya dan karakter bangsa dan kewirausahaan.
buat guru sma yang akan medowload silabus ini jangan lupa yang komentarnya
Dowload
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif | Kegiatan pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||||
1.1 Mengukur besaran fisika (massa, panjang, dan waktu) | Pengukuran Massa, Panjang, dan Waktu | “ Jujur “ Toleransi “ Mandiri “ Demokratis “ Komunikatif “ Tanggung Jawab | “ Percaya diri “ Berorientasi tugas dan hasil | · Membuat daftar (tabel) nama besaran, alat ukur, cara mengukur, dan satuan yang digunakan secara individu yang berlaku di daerah setempat (misalnya: untuk ukuran massa: mayam di Sumut, untuk ukuran panjang: tumbak di Jabar). · Mengukur besaran panjang, massa, dan waktu dengan beberapa jenis alat ukur: mistar milimeter, jangka sorong, mikrometer, neraca lengan, neraca pegas, dan stopwatch secara berkelompok di sekolah. · Mengolah hasil pengukuran dengan mempertimbangkan kesalahan relatif pengukuran dalam diskusi kelas. | - Menggunakan alat ukur besaran panjang, massa, dan waktu dengan beberapa jenis alat ukur. - Mengukur besaran panjang, massa, dan waktu dengan mempertimbangkan ketelitian dan ketepatan. | Tes unjuk kerja Tes tertulis | Uji petik kerja produk Tes PG Tes uraian | Isilah tabel berikut dengan mengamati skala pada beberapa alat-alat ukur panjang. Tentukan nst serta ketidakpastiannya. Pasangan besaran dan satuan yang berdasarkan satuan Sistem Internasional adalah .... a. waktu, menit b. panjang, inci c. massa, kilogram d. suhu, celcius e. jumlah zat, candela Apa yang harus dilakukan agar pengukuran memiliki kesalahan sekecil mungkin. | 6 x 40’ | Buku Fisika SMA dan MA Jl. 1A (Esis) h. 1-52, lembar kerja, alat dan bahan prktikum. |
1.2 Melakukan penjumlahan vektor. | Penjumlahan Vektor | “ Jujur “ Toleransi “ Mandiri “ Demokratis “ Komunikatif “ Tanggung Jawab | “ Percaya diri “ Berorientasi tugas dan hasil | · Menggambar vektor, resultan vektor, komponen vektor serta menghitung besar dan arah resultan vektor dalam diskusi kelas. · Melakukan percobaan untuk menemukan resultan dua vektor sebidang. · Menerapkan operasi vektor dalam pemecahan masalah secara individu. | - Menjumlahkan dua vektor atau lebih secara grafis. - Menjumlahkan dua vektor secara analisis. | Tes tertulis Tes tertulis | Tes PG Tes uraian | Besar vektor A = 3 satuan dan besar vektor B = 4 satuan. Bila besar vektor resultan (A+B) = 5 satuan, maka sudut antara vektor A dan vektor B adalah .... a. 300 d. 730 b. 450 e. 900 c. 600 Tentukan resultan dari gaya berikut: 50 N dengan membentuk sudut 300 terhadap sumbu +X, gaya 80 N dengan membentuk sudut 1350 terhadap sumbu +X, dan 30 N dengan membentuk sudut 2400 terhadap sumbu +X. | 6 x 40' | Buku Fisika SMA dan MA Jl. 1A (Esis) h. 53-72 dan buku referensi yang relevan. |
Komentar
Posting Komentar
Membuat Website Gratis
Saran Kritikan sangat diharapkan untuk membantu kami dalam penyempurnaan blog ini dan Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar yang melanggar norma-norma, berbau porno dan sejenisnya yang akan menimbulkan surasagol (Suku, Ras, Agama dan Golongan)