- Dapatkan link
- Aplikasi Lainnya
Dowload
Silabus lengkap terdiri dari semester 1 dan 2
sudah dilengkapi dengan pendidikan budaya dan karakter bangsa dan kewirausahaan.
buat guru sma yang akan medowload silabus ini jangan lupa yang komentarnya
Silabus lengkap terdiri dari semester 1 dan 2
sudah dilengkapi dengan pendidikan budaya dan karakter bangsa dan kewirausahaan.
buat guru sma yang akan medowload silabus ini jangan lupa yang komentarnya
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/Alat |
1.1 Menganalisis gerak lurus, gerak melingkar dan gerak parabola dengan menggunakan vektor | Perpaduan gerak antara: · glb dan glb · glb dan glbb Gerak parabola Gerak melingkar dengan percepatan konstan | “ Jujur “ Toleransi “ Kerja keras “ Mandiri “ Demokratis “ Rasa ingin tahu “ Komunikatif “ Tanggung Jawab | “ Percaya diri “ Berorientasi tugas dan hasil | · Mengidentifikasi katrakteristik perpaduan gerak translasi pada beberapa gerak melalui presentas, percobaan atau demonstrasi di kelas secara klasikal (misalnya gerak mobil mainan di atas triplek yang bergerak) · Menganalisis vektor perpindahan, vektor kecepatan, dan vektor percepatan pada gerak dalam bidang datar (gerak parabola, gerak melingkar) melalui kegiatan diskusi di kelas · Menerapkan analisis vektor perpindahan, vektor kecepatan, dan vektor percepatan pada gerak dalam bidang datar (parabola dan melingkar) dalam diskusi pemecahan masalah | · Menganalisis besaran perpindahan, kecepatan dan percepatan pada perpaduan gerak lurus dengan menggunakan vektor · Menganalisis besaran kecepatan dan percepatan pada gerak melingkar dengan menggunakan vektor · Menganalisis besaran perpindahan dan kecepatan pada gerak parabola dengan menggunakan vektor · Menganalisis vektor percepatan tangensial dan percepatan sentripetal pada gerak melingkar | Penugasan, penilaian kinerja (sikap dan praktik), tes tertulis | 12 jam | Sumber: Buku Fisika yang relevan (Mekanika) Bahan: bahan presentasi, lembar kerja Alat: media presentasi, |
1.2 Menganalisis keteraturan gerak planet dalam tatasurya berdasarkan hukum-hukum Newton | Hukum Newton tentang Gravitasi Gaya gravitasi antar partikel Kuat medan gravitasi dan percepatan gravitasi Gravitasi antar planet Hukum Keppler | “ Jujur “ Toleransi “ Kerja keras “ Mandiri “ Demokratis “ Rasa ingin tahu “ Komunikatif “ Tanggung Jawab | “ Percaya diri “ Berorientasi tugas dan hasil | · Mendiskusikan konsep gerak, gaya dan kesimbangan yang terjadi pada sistem tatasurya dan gerak planet melalui berbagai media (misalnya presentasi, simulasi, dan lain-lain) · Memformulasikan hukum Newton tentang gravitasi, konsep berat, konsep percepatan dan medan gravitasi dalam tatasurya dalam diskusi kelas · Menganalisis keteraturan sistem tata surya dalam pemecahan masalah gravitasi antar planet, gerak satelit, penerbangan luar angkasa dalam diskusi kelas pemecahan masalah | · Menganalisis hubungan antara gaya gravitasi dengan massa benda dan jaraknya · Menghitung resultan gaya gravitasi pada benda titik dalam suatu sistem · Membandingkan percepatan gravitasi dan kuat medan gravitasi pada kedudukan yang berbeda · Menganalisis gerak planet dalam tata surya berdasarkan hukum Keppler | Penugasan, tes tertulis | 12 jam | Sumber: Buku Fisika yang relevan (Mekanika) Bahan: bahan presentasi, lembar kerja Alat: media presentasi, |
1.3 Menganalisis pengaruh gaya pada sifat elastisitas bahan | Hukum Hooke dan elastisitas | “ Jujur “ Toleransi “ Kerja keras “ Mandiri “ Demokratis “ Rasa ingin tahu “ Komunikatif “ Tanggung Jawab | “ Percaya diri “ Berorientasi tugas dan hasil | · Melakukan percobaan untuk mengidentifikasi sifat benda elastis · Memformulasikan konsep gaya pegas, modulus elastisitas, tetapan gaya, dan energi potensial pegas melalui diskusi kelas · Menganalisis penerapan susunan pegas seri atau paralel dalam kehidupan (misalnya: sock breker, spring bad, peralatan fitness, dan lain-lain) · Menganalisis penerapan konsep pegas dan prinsip hukum Hooke dalam diskusi pemecahan masalah | · Mendeskripsikan karakteristik gaya pada benda elastis berdasarkan data percobaan (grafik) · Mengidentifikasi modulus elastisitas dan konstanta gaya · Membandingkan tetapan gaya berdasarkan data pengamatan · Menganalisis susunan pegas seri dan paralel | Penilaian kinerja (sikap dan praktik), tes tertulis | 10 jam | Sumber: Buku Fisika yang relevan (Mekanika) Bahan: bahan presentasi, lembar kerja, data hasil percobaan Alat: media presentasi, statif, beban gantung, mistar, dan pegas |
1.4 Menganalisis hubungan antara gaya dengan gerak getaran | Gerak getaran | “ Jujur “ Toleransi “ Kerja keras “ Mandiri “ Demokratis “ Rasa ingin tahu “ Komunikatif “ Tanggung Jawab | “ Percaya diri “ Berorientasi tugas dan hasil | · Melakukan percobaan untuk mengidentifikasi karakteristik gerak getaran pada pegas (simpangan, amplitudo, periode, dan lain-lain) secara berkelompok · Memformulasikan hubungan antara simpangan, kecepatan, percepatan, dan gaya pada gerak getaran melalui diskusi kelas · Menganalisis penerapan konsep dan prinsip pada getaran melalui diskusi pemecahan masalah | · Mendeskripsikan karakteristik gerak pada getaran pegas · Menjelaskan hubungan antara periode getaran dengan massa beban berdasarkan data pengamatan · Menganalisis gaya simpangan, kecepatan dan percepatan pada gerak getaran | Penilaian kinerja (sikap dan praktik), tes tertulis | 10 jam | Sumber: Buku Fisika yang relevan (Mekanika) Bahan: bahan presentasi, lembar kerja, data hasil percobaan, bahan presentasi Alat: media presentasi, statif, beban gantung, stopwatch, pegas dan media presentasi |
1.5 Menganalisis hubungan antara usaha, perubahan energi dengan hukum kekekalan energi mekanik | Usaha dan energi · Konsep usaha · Hubungan usaha dan energi kinetik · Hubungan usaha dengan energi potensial · Hukum kekekalan energi mekanik | “ Jujur “ Toleransi “ Kerja keras “ Mandiri “ Demokratis “ Rasa ingin tahu “ Komunikatif “ Tanggung Jawab | “ Percaya diri “ Berorientasi tugas dan hasil | · Merumuskan konsep usaha, energi kinetik, energi potensial (gravitasi dan pegas), dan energi mekanik dan hubungan antara konsep-konsep itu dalam diskusi kelas · Mendemonstrasikan usaha yang terjadi karena perubahan energi kinetik · Mendemonstrasikan usaha yang terjadi karena perubahan energi potensial · Menerapkan prinsip hubungan antara usaha dan energi dalam pemecahan masalah dinamika gerak melalui diskusi kelas | · Mendeskripsikan hubungan antara usaha, gaya, dan perpindahan · Menghitung besar energi potensial (gravitasi dan pegas) dan energi kinetik · Menganalisis hubungan antara usaha dan energi kinetik · Menganalisis hubungan antara usaha dengan energi potensial · Merumuskan bentuk hukum kekekalan energi mekanik | Tes tertulis, penugasan | 8 jam | Sumber: Buku Fisika yang relevan Bahan: lembar kerja, hasil laporan siswa, bahan presentasi Alat: media presentasi |
1.6 Menerapkan hukum kekekalan energi mekanik untuk menganalisis gerak dalam kehidupan sehari-hari | Hukum kekekalan energi mekanik · Penerapan energi mekanik pada gerak jatuh bebas · Penerapan energi mekanik pada gerak di bidang miring · Penerapan energi mekanik pada gerak planet/ satelit · Penerapan energi mekanik pada gerak getaran | “ Jujur “ Toleransi “ Kerja keras “ Mandiri “ Demokratis “ Rasa ingin tahu “ Komunikatif “ Tanggung Jawab | “ Percaya diri “ Berorientasi tugas dan hasil | · Menyelidiki berlakunya hukum kekekalan energi mekanik pada gerak jatuh bebas, parabola dan gerak harmonik sederhana · Menerapkan hukum kekekalan energi mekanik dalam memecahkan masalah gerak jatuh bebas, gerak bidang miring, gerak dalam bidang lingkaran, gerak planet/satelit, dan gerak getaran secara berkelompok | · Menerapkan hukum kekekalan energi mekanik pada gerak misalnya gerak jatuh bebas, gerak parabola dan gerak harmonik sederhana · Menerapkan hukum kekekalan energi mekanik pada gerak dalam bidang miring · Menerapkan hukum kekekalan energi mekanik pada gerak benda pada bidang lingkaran · Menerapkan hukum kekekalan energi mekanik pada gerak satelit · Menerapkan hukum kekekalan energi mekanik pada gerak getaran | Penugasan, tes tertulis | 8 jam | Sumber: Buku Fisika yang relevan Bahan: lembar masalah, hasil kerja siswa, bahan presentasi Alat: media presentasi |
1.7 Menunjukkan hubungan antara konsep impuls dan momentum untuk menyelesaikan masalah tumbukan | Momentum, impuls, dan tumbukan | “ Jujur “ Toleransi “ Kerja keras “ Mandiri “ Demokratis “ Rasa ingin tahu “ Komunikatif “ Tanggung Jawab | “ Percaya diri “ Berorientasi tugas dan hasil | · Mendiskusikan konsep momentum, impuls, hubungan antara impuls dan momentum dalam diskusi kelas · Melakukan percobaan hukum kekekalan momentum · Menganalisis pemecahan masalah tumbukan dengan menggunakan hukum kekekalan momentum | · Memformulasikan konsep impuls dan momentum, keterkaitan antar keduanya, serta aplikasinya dalam kehidupan (misalnya roket) · Merumuskan hukum kekekalan momentum untuk sistem tanpa gaya luar · Mengintegrasikan hukum kekekalan energi dan kekekalan momentum untuk berbagai peristiwa tumbukan | Penilaian kinerja (sikap dan praktik), tes tertulis | 12 jam | Sumber: Buku Fisika yang relevan Bahan: lembar kerja, hasil laporan siswa, bahan presentasi Alat: kereta dinamik, papan luncur, tiker timer, media presentasi |
Komentar
Posting Komentar
Membuat Website Gratis
Saran Kritikan sangat diharapkan untuk membantu kami dalam penyempurnaan blog ini dan Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar yang melanggar norma-norma, berbau porno dan sejenisnya yang akan menimbulkan surasagol (Suku, Ras, Agama dan Golongan)