Silabus Fisika Kelas XII Berkarakter

Dowload
Silabus ini lengkap untuk semester ganjil dan genap.
bagi teman-teman yang sudah dowload jangan lupa ya kometarnya, untuk demi kesempurnaan blog ini hahahahaha.


Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif
Kegiatan pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
1.1  Mendeskripsikan gejala dan ciri-ciri gelombang secara umum.

Gejala dan Ciri-ciri Gelombang

  Jujur
  Toleransi
  Mandiri
  Demokratis
  Komunikatif
  Tanggung Jawab
  Percaya diri
  Berorientasi tugas dan hasil

·       Mendemonstrasikan gelombang transversal dan longitudinal.

·       Mengkaji literatur untuk membedakan karakteristik gelombang mekanik dan elektromagnetik.

·       Meneunjukkan sifat-sifat umum gelombang (pemantulan, pembiasan, superposisi, interferensi, difraksi, polarisasi, dan dispersi) melalui percobaan.





-  Merumuskan persamaan gelombang (simpangan, kecepatan, fase, dan energi) melalui diskusi kelas.
·      Mengidentifikasi karakteristik gelombang transversal dan gelombang longitudinal.
·      Mengidentifikasi karakteristik gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik.

-      Menyelidiki sifat-sifat gelombang (pemantulan, pembiasan, superposisi, interferensi,, difraksi, polarisasi dan dispersi) serta penerapannnya dalam kehidupan sehari-hari.



·      Mengidentifikasi persamaan gelombang berjalan dan gelombang stasioner.
Tes tertulis



Tes tertulis




Tes tertulis









Tes tertulis
Tes isian




Tes uraian




Tes PG











Tes uraian
Gelombang dengan arah osilasi tegak lurus arah rambatan gelombang dinamakan ....


Apakah perbedaan antara  gelombang mekanik dan elektromagnetik? Berikan contohnya masing-masing.

Gelombang y1 dan y2 mempunyai panjang gelombang yang sama yaitu 0,25 m. Jika posisi gelombang y1 terlihat 2 m dari posisi awal perambatan, maka posisi y2 jika interferensi konstruktif adalah ....
A. 2 dan 1,8 m   D. 2 dan 2,05 m
B. 2 dan 1,9 m   E. 2 dan 2,15 m
C. 2 dan 1,75 m
Sebuah tali bermassa 100 g digetarkan dengan laju 10 m/s dan amplitudo 0,1m. Massa jenis tali 100 kg/m3 dan luasnya 2 cm3. Jika dalam perambatan dihasilkan energi sebesar 5 J/s, tentukan persamaan gelombangnya.
8x40’
Buku Fisika SMA dan MA Jl.3A (Esis)
h. 1-44, buku referensi yang relevan dan lingkungan



















1.2  Mendeskripsikan gejala dan ciri-ciri gelombang bunyi dan cahaya.

Gelombang Bunyi dan Gejala Gelombang Elektromagnetik

  Jujur
  Toleransi
  Mandiri
  Demokratis
  Komunikatif
  Tanggung Jawab
  Percaya diri
  Berorientasi tugas dan hasil

·  Melakukan percobaan atau pengamatan gejala dan ciri-ciri gelombang bunyi (misalnya, resonansi, interferensi, dan efek Doppler).





-  Mendiskusikan gejala dan ciri gelombang bunyi ( termasuk nada dan taraf intensitas) dan cahaya berdasarkan kajian literatur.
·  Melakukan percobaan gejala dan ciri gelombang cahaya (misalnya: interferensi, difraksi, dan lain-lain)

·      Mendeskripsikan gejala dan ciri-ciri gelombang bunyi







-      Mendeskripsikan gejala dan ciri gelombang cahaya


Tes tertulis








Tes tertulis


Tes tertulis


Tes urain









Tes isian



Tes PG







Sebuah kereta api sedang bergerak mendekati stasiun dengan laju 31,8 m/s. Kereta tersebut membunyikan sirine dengan frekuensi 136 Hz. Berapakah frekuensi yang didengar oleh anak yang sedang duduk di stasiun?

Intensitas bunyi dapat ditingkatkan dengan cara ....

Busa sabun  tampak berwarna-warni bila terkena sinar matahari merupakan
peristiwa ....
A. difraksi       
D. polarisasi
  B. dispersi       
 E. Interferensi
  C. refraksi

8x40'
Buku Fisika SMA dan MA Jl. 3A (Esis)
h. 45-88, buku referensi yang relevan, dan lingkungan.








1.3. Menerapkan konsep dan prinsip gelombang bunyi dan cahaya dalam teknologi.

Gelombang Bunyi dan Gejala Gelombang Elektromagnetik

  Jujur
  Toleransi
  Mandiri
  Demokratis
  Komunikatif
  Tanggung Jawab
  Percaya diri
  Berorientasi tugas dan hasil

·       Melakukan kajian literatur pemanfaatan bunyi dan gelombang cahaya dalam kehidupan secara individu melalui berbagai sumber.
·       Memaparkan pemanfaatan bunyi dalam teknologi melalui kajian literatur (misalnya pada NDT atau USG).








·       Memaparkan pemanfaatan cahaya dalam teknologi (misalnya pada teknologi mesin  fotokopi, CD, OHP dan scanner).
-      Menerapkan konsep dan prinsip gelombang bunyi dalam teknologi.


-      Menerapkan konsep dan prinsip gelombang cahaya dalam teknologi.
Tes tertulis




Tes tertulis












Penugasan


Tes PG





Tes uraian













Tugas rumah

Warna biru di langit terjadi karena cahaya matahari mengalami ....
A. difraksi     D dispersi
B. refraksi      E. polarisasi C. interferensi

Suatu bunyi ultrasonik dengan frekuensi 2,5 Mhz dikirim ke darah dalam pembuluh darah. Darah tersebut bergerak mendekati sumber ultrasonik dengan laju
20 cm/s.
·     Berapakah frekuensi ultrasonik yang diterima oleh darah?
·     Berapakah frekuensi yang diterima sumber?

Buatlah artikel tentang pemanfaatan gelombang elektromagnetik pada produk teknologi dalam keseharian.
8x40'
Buku Fisika SMA dan MA Jl.3A (Esis)
h. 44-88, buku referensi yang relevan, dan lingkungan.


Komentar