- Dapatkan link
- Aplikasi Lainnya
Dowload
Silabus ini lengkap untuk semester ganjil dan genap.
bagi teman-teman yang sudah dowload jangan lupa ya kometarnya, untuk demi kesempurnaan blog ini hahahahaha.
Silabus ini lengkap untuk semester ganjil dan genap.
bagi teman-teman yang sudah dowload jangan lupa ya kometarnya, untuk demi kesempurnaan blog ini hahahahaha.
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif | Kegiatan pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||||
1.1 Mendeskripsikan gejala dan ciri-ciri gelombang secara umum. | Gejala dan Ciri-ciri Gelombang | “ Jujur “ Toleransi “ Mandiri “ Demokratis “ Komunikatif “ Tanggung Jawab | “ Percaya diri “ Berorientasi tugas dan hasil | · Mendemonstrasikan gelombang transversal dan longitudinal. · Mengkaji literatur untuk membedakan karakteristik gelombang mekanik dan elektromagnetik. · Meneunjukkan sifat-sifat umum gelombang (pemantulan, pembiasan, superposisi, interferensi, difraksi, polarisasi, dan dispersi) melalui percobaan. - Merumuskan persamaan gelombang (simpangan, kecepatan, fase, dan energi) melalui diskusi kelas. | · Mengidentifikasi karakteristik gelombang transversal dan gelombang longitudinal. · Mengidentifikasi karakteristik gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik. - Menyelidiki sifat-sifat gelombang (pemantulan, pembiasan, superposisi, interferensi,, difraksi, polarisasi dan dispersi) serta penerapannnya dalam kehidupan sehari-hari. · Mengidentifikasi persamaan gelombang berjalan dan gelombang stasioner. | Tes tertulis Tes tertulis Tes tertulis Tes tertulis | Tes isian Tes uraian Tes PG Tes uraian | Gelombang dengan arah osilasi tegak lurus arah rambatan gelombang dinamakan .... Apakah perbedaan antara gelombang mekanik dan elektromagnetik? Berikan contohnya masing-masing. Gelombang y1 dan y2 mempunyai panjang gelombang yang sama yaitu 0,25 m. Jika posisi gelombang y1 terlihat 2 m dari posisi awal perambatan, maka posisi y2 jika interferensi konstruktif adalah .... A. 2 dan 1,8 m D. 2 dan 2,05 m B. 2 dan 1,9 m E. 2 dan 2,15 m C. 2 dan 1,75 m Sebuah tali bermassa 100 g digetarkan dengan laju 10 m/s dan amplitudo 0,1m. Massa jenis tali 100 kg/m3 dan luasnya 2 cm3. Jika dalam perambatan dihasilkan energi sebesar 5 J/s, tentukan persamaan gelombangnya. | 8x40’ | Buku Fisika SMA dan MA Jl.3A (Esis) h. 1-44, buku referensi yang relevan dan lingkungan |
1.2 Mendeskripsikan gejala dan ciri-ciri gelombang bunyi dan cahaya. | Gelombang Bunyi dan Gejala Gelombang Elektromagnetik | “ Jujur “ Toleransi “ Mandiri “ Demokratis “ Komunikatif “ Tanggung Jawab | “ Percaya diri “ Berorientasi tugas dan hasil | · Melakukan percobaan atau pengamatan gejala dan ciri-ciri gelombang bunyi (misalnya, resonansi, interferensi, dan efek Doppler). - Mendiskusikan gejala dan ciri gelombang bunyi ( termasuk nada dan taraf intensitas) dan cahaya berdasarkan kajian literatur. · Melakukan percobaan gejala dan ciri gelombang cahaya (misalnya: interferensi, difraksi, dan lain-lain) | · Mendeskripsikan gejala dan ciri-ciri gelombang bunyi - Mendeskripsikan gejala dan ciri gelombang cahaya | Tes tertulis Tes tertulis Tes tertulis | Tes urain Tes isian Tes PG | Sebuah kereta api sedang bergerak mendekati stasiun dengan laju 31,8 m/s. Kereta tersebut membunyikan sirine dengan frekuensi 136 Hz. Berapakah frekuensi yang didengar oleh anak yang sedang duduk di stasiun? Intensitas bunyi dapat ditingkatkan dengan cara .... Busa sabun tampak berwarna-warni bila terkena sinar matahari merupakan peristiwa .... A. difraksi D. polarisasi B. dispersi E. Interferensi C. refraksi | 8x40' | Buku Fisika SMA dan MA Jl. 3A (Esis) h. 45-88, buku referensi yang relevan, dan lingkungan. |
1.3. Menerapkan konsep dan prinsip gelombang bunyi dan cahaya dalam teknologi. | Gelombang Bunyi dan Gejala Gelombang Elektromagnetik | “ Jujur “ Toleransi “ Mandiri “ Demokratis “ Komunikatif “ Tanggung Jawab | “ Percaya diri “ Berorientasi tugas dan hasil | · Melakukan kajian literatur pemanfaatan bunyi dan gelombang cahaya dalam kehidupan secara individu melalui berbagai sumber. · Memaparkan pemanfaatan bunyi dalam teknologi melalui kajian literatur (misalnya pada NDT atau USG). · Memaparkan pemanfaatan cahaya dalam teknologi (misalnya pada teknologi mesin fotokopi, CD, OHP dan scanner). | - Menerapkan konsep dan prinsip gelombang bunyi dalam teknologi. - Menerapkan konsep dan prinsip gelombang cahaya dalam teknologi. | Tes tertulis Tes tertulis Penugasan | Tes PG Tes uraian Tugas rumah | Warna biru di langit terjadi karena cahaya matahari mengalami .... A. difraksi D dispersi B. refraksi E. polarisasi C. interferensi Suatu bunyi ultrasonik dengan frekuensi 2,5 Mhz dikirim ke darah dalam pembuluh darah. Darah tersebut bergerak mendekati sumber ultrasonik dengan laju 20 cm/s. · Berapakah frekuensi ultrasonik yang diterima oleh darah? · Berapakah frekuensi yang diterima sumber? Buatlah artikel tentang pemanfaatan gelombang elektromagnetik pada produk teknologi dalam keseharian. | 8x40' | Buku Fisika SMA dan MA Jl.3A (Esis) h. 44-88, buku referensi yang relevan, dan lingkungan. |
Komentar
Posting Komentar
Membuat Website Gratis
Saran Kritikan sangat diharapkan untuk membantu kami dalam penyempurnaan blog ini dan Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar yang melanggar norma-norma, berbau porno dan sejenisnya yang akan menimbulkan surasagol (Suku, Ras, Agama dan Golongan)