- Dapatkan link
- Aplikasi Lainnya
Dowload
Silabus ini lengkap semester 1 dan 2
salam buat guru sma semoga bermanfaat.
Silabus ini lengkap semester 1 dan 2
salam buat guru sma semoga bermanfaat.
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif | Kegiatan pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik Tagihan | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||||
1.1. Menjelaskan pengertian fenomena biosfer | · Pengertian Biosfer · Faktor-faktor penyebaran flora dan fauna · Ruang Lingkup Geografi · Objek Studi Geografi | “ Kerja keras “ Jujur “ saling menghargai | “ Kerja keras. “ Jujur. “ saling menghargai orang lain “ inovatif, | · Mengungkapkan kembali fenomena biosfer dari bahan berbagai referensi · Secara berkelompok, mendiskusikan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna, kemudian presentasi | · Mendeskripsikan pengertian fenomena biosfer · Mengidentifikasi faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna | · Tugas individu · Unjuk kerja | · Tertulis · Makalah dan laporan hasil diskusi | · Carilah pengertian biosfer dari situs internet! · Diskusikanlah faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna | 1x45 menit 1x45 menit | · Buku sumber · Buku penunjang lain · Gambar fenomena biosfer · OHP atau Slide Proyektor · Internet |
1.2. Menganalisis sebaran flora dan fauna | · Sebaran flora dan fauna · Flora dan fauna di Indonesia | “ Kerja keras “ Jujur “ saling menghargai | “ Kerja keras. “ Jujur. “ saling menghargai orang lain “ inovatif, | · Menonton VCD tentang flora dan fauna di muka bumi · Membuat peta persebaran flora dan fauna di dunia · Mengamati peta sebaran flora dan fauna di permukaan bumi · Mengamati peta persebaran flora dan fauna di Indonesia · Secara kelompok, mendeskripsikan hubungan sebaran flora dan fauna dengan kondisi fisik lingkungannya | · Mengidentifikasi sebaran hewan dan tumbuhan di permukaan bumi · Menjelaskan persebaran flora dan fauna · Menganalisis persebaran flora dan fauna di Indonesia · Menjelaskan hubungan sebaran flora dan fauna dengan kondisi fisik | · Unjuk kerja · Tugas kelompok · Unjuk kerja · Tugas individu · Tugas kelompok · Tugas individu · Unjuk kerja | · Karangan · Peta · Diskusi · Uji penguasaan materi · Peta · Uji penguasaan materi · Laporan hasil pengamatan dan diskusi | · Tontonlah VCD Flora dan Fauna tersebut dengan cermat! Buatlah ringkasannya secara berkelompok! · Buatlah peta persebaran flora dan fauna di dunia! · Diskusikanlah persebaran flora dan fauna di muka bumi! · Kerjakanlah Uji Penguasaan Materi pada buku sumber (hal. 10 dan 17)! · Buatlah peta persebaran flora dan dan fauna yang ada di Indonesia (Aktivitas hal.21)! · Kerjakanlah Uji Penguasaan Materi pada buku sumber (hal.21)! · Diskusikanlah hubungan sebaran flora dan fauna dengan kondisi fisik lingkungannya! | 1x45 menit 1x45 menit 1x45 menit | · Buku sumber · Buku penunjang lain · VCD flora dan fauna · OHP atau Slide Proyektor · Internet · Buku sumber · Buku penunjang lain · Peta persebaran flora dan fauna di muka bumi · OHP atau Slide Proyektor · Internet · Buku sumber · Buku penunjang lain · Peta persebaran flora dan fauna di Indonesia · OHP atau Slide Proyektor · Internet |
· Dampak kerusakan flora dan fauna terhadap kehidupan | “ Kerja keras “ Jujur “ saling menghargai | “ Kerja keras. “ Jujur. “ saling menghargai orang lain “ inovatif, | · Mengkaji dampak kerusakan flora dan fauna terhadap kehidupan dari berbagai referensi | · Membuat laporan tentang dampak kerusakan flora dan fauna terhadap kehidupan | · Unjuk kerja · Portofolio · Tugas individu | · Tertulis · Laporan hasil diskusi · Soal evaluasi | · Carilah data mengenai kerusakan cagar alam atau suaka margasatwa dari situs internet atau media lainnya! · Diskusikanlah dampak kerusakan cagar alam atau suaka margasatwa terhadap kehidupan di Indonesia dan usaha untuk mengatasinya (Aktivitas hal.24)! · Kerjakanlah soal-soal evaluasi pada buku sumber! | 1x45 menit | · Buku sumber · Buku penunjang lain · OHP atau Slide Proyektor · Internet | |
1.3. Menjelaskan pengertian fenomena antroposfer | · Antroposfer 1) Kuantitas penduduk - Komposisi penduduk menurut umur - Komposisi penduduk menurut jenis kelamin | “ Kerja keras “ Jujur “ saling menghargai | “ Kerja keras. “ Jujur. “ saling menghargai orang lain “ inovatif, | · Secara individu, siswa mencatat dan mengumpulkan data kependudukan dari RT masing-masing · Mengelompokkan data kepndudukkan (4 RT), berdasarkan kelompok umur dan jenis kelamin · Secara kelompok, menghitung sex ratio dan dependency ratio | · Menganalisis komposisi penduduk berdasarkan umur dan jenis kelamin · Mencatat dan mengumpulkan data kependudukan dari RT · Mengelompokkan data kependudukan (4 RT), berdasarkan kelompok umur dan jenis kelamin · Menghitung sex ratio dan dependency ratio | · Tugas individu · Unjuk kerja · Unjuk kerja | · Laporan · Tertulis · Tertulis | · Catatlah dan kumpulkan data kependudukan dari RT masing-masing! · Kelompokkan data kependudukkan yang diperoleh dari 4 RT berdasarkan umur dan jenis kelamin! · Hitunglah sex ratio dan dependency ratio berdasarkan data kependudukan yang telah diperoleh! | 1x45 menit | · Buku sumber · Buku penunjang lain · Data Monografi Kelurahan · OHP atau Slide Proyektor · Gambar atau foto fenomena geosfer · Internet |
2) Kualitas penduduk - Tingkat pendidikan - Tingkat kesehatan | “ Kerja keras “ Jujur “ saling menghargai | “ Kerja keras. “ Jujur. “ saling menghargai orang lain “ inovatif, | · Secara individu, mengidentifikasi tinggi rendahnya kualitas penduduk berdasar tingkat pendidikan dan kesehatan dari hasil pencatatan data di lapangan | · Mengidentifikasi tinggi rendahnya kualitas penduduk berdasar tingkat pendidikan dan kesehatan | · Tugas individu · Unjuk kerja · Tugas individu · Portofolio | · Tertulis · Karangan · Uji penguasaan materi | · Carilah data kependudukan berdasarkan tingkat pendidikan dan kesehatan dari dinas kependudukan! · Uraikanlah kualitas penduduk berdasarkan tingkat pendidikan dan kesehatan dari hasil pencatatan data di RT masing-masing! · Kerjakanlah Uji Penguasaan Materi pada buku sumber (hal.39)! · Tontonlah VCD mengenai planet dengan cermat! Buatlah ringkasannya! · Kerjakanlah soal-soal evaluasi pada buku sumber! | 1x45 menit | · Buku sumber · Buku penunjang lain · Data Monografi Penduduk · OHP atau Slide Proyektor · Internet | |
1.4. Menganalisis aspek kependudukan | · Aspek kependudukan 1) Natalitas 2) Mortalitas · Sejarah Pembentukan Muka Bumi | “ Kerja keras “ Jujur “ saling menghargai | “ Kerja keras. “ Jujur. “ saling menghargai orang lain “ inovatif, | · Menghitung tingkat kelahiran penduduk dari data hasil pencatatan di lapangan · Menghitung tingkat kematian penduduk dari data hasil pencatatan di lapangan | · Menghitung tingkat kelahiran penduduk · Menghitung tingkat kematian penduduk · Mendeskripsikan sejarah pembentukan muka bumi | · Tugas individu · Tugas individu | · Uraian · Uraian · Tanya jawab · Soal evaluasi | · Hitunglah angka kelahiran di wilayahmu! · Hitunglah angka kematian di wilayahmu! | 1x45 menit 1x45 menit 1x45 menit | · Buku sumber · Buku penunjang lain · Data Monografi Penduduk · OHP atau Slide Proyektor · Internet |
3) Pertumbuhan penduduk 4) Migrasi | “ Kerja keras “ Jujur “ saling menghargai | “ Kerja keras. “ Jujur. “ saling menghargai orang lain “ inovatif, | · Menghitung pertumbuhan penduduk pada suatu wilayah berdasarkan data yang telah tersaji · Secara berkelompok, membuat peta penyebaran penduduk, tabel penduduk, dan grafik penduduk yang datanya telah tersaji | · Menghitung pertumbuhan penduduk suatu wilayah · Menyajikan informasi kependudukan melalui peta, tabel, grafik atau diagram | · Tugas Individu · Tugas individu · Tugas kelompok · Tugas individu | · Uraian · Uji Penguasaan Materi · Peta · Analisis kasus | · Hitunglah pertumbuhan penduduk beberapa wilayah di Indonesia! · Kerjakanlah Uji Penguasaan Materi hal.47! · Buatlah peta kepadatan penduduk kelurahan tempat tinggal berdasarkan data jumlah penduduk dan luas wilayah (Aktivitas hal.51)! · Kerjakanlah Analitika pada buku sumber hal.50-51 | 1x45 menit 1x45 menit | · Buku sumber · Buku penunjang lain · Data Monografi Penduduk · OHP atau Slide Proyektor · Internet |
Komentar
Posting Komentar
Membuat Website Gratis
Saran Kritikan sangat diharapkan untuk membantu kami dalam penyempurnaan blog ini dan Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar yang melanggar norma-norma, berbau porno dan sejenisnya yang akan menimbulkan surasagol (Suku, Ras, Agama dan Golongan)