Silabus Kimia Kelas X Berkarakter

Silabus ini lengkap untuk semester 1 dan 2
silakan dowload KLIK DI SINI
sebelum dowload, angka baiknya berikan dulu komentarnya. supaya sempurna dalam persaudaraan dan lebih bahagia kami apabila anda memberikan komentarnya. salam bloger dari manado.
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
NilaiBudaya Dan KarakterBangsa
Kewirausahaan/
EkonomiKreatif
Kegiatan pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber/Bahan/alat
1.1.Memahami struktur atom berdasarkan teori atom Bohr, sifat-sifat unsur, massa atom relatif, dan sifat-sifat periodik unsur dalam tabel periodik serta menyadari keteraturannya, melalui pemahaman konfigurasi elektron

o Perkembangan teori atom, mulai dari teori Dalton sampai dengan teori atom modern
  Jujur
  Kerja kera
  Toleransi
  Rasa ingintahu
  Komunikatif
  Menghargaiprestasi
  Tanggung Jawab
  Pedulilingkungan
  Percaya diri
  Berorientasi tugas dan hasil

o    Mengkaji atom sebagai partikel dasar penyusun materi (teori atom Dalton) dalam diskusi kelompok.
o    Mengkaji literatur tentang perkembangan teori atom (di rumah setelah ditugaskan pada pertemuan sebelumnya)
o    Mempresentasikan dan diskusi hasil kajian
o    Menyimpulkan hasil pembelajaran
o    Mengidentifikasi unsur ke dalam isotop, isoton dan isoton melalui kerja kelompok.
o    Mengkaji massa atom dan massa atom  relatif dalam diskusi kelompok.
o    Mengkaji konfigurasi elektron dan cara penulisannya dalam diskusi kelas.
o    Menjelaskan perkembangan teori atom untuk menunjukkan kelemahan dan kelebihan masing-masing teori atom berdasarkan fakta eksperimen
o    Mengklasifikasikan unsur ke dalam isotop, isobar dan isoton.
o    Menentukan massa atom relatif berdasarkan kelimpahan isotopnya
o    Menentukan massa molekul relatif.
o    Menentukan konfigurasi elektron dan elektron valensi.
Jenis tagihan:
Tugas kelompok
Kuis
Ulangan
Bentuk instrumen:
Laporan tertulis
Performans (Kinerja dan sikap)
Tes tertulis
6 JP
Sumber:
Buku kimia,
Tabel periodik
LKS
o Perkembangan tabel periodik unsur
  Jujur
  Kerja kera
  Toleransi
  Rasa ingintahu
  Komunikatif
  Menghargaiprestasi
  Tanggung Jawab
  Pedulilingkungan
  Percaya diri
  Berorientasi tugas dan hasil

o    Mengkaji sistem periodik untuk memahami makna daftar tersebut melalui diskusi kelas.
o    Mengkaji literatur tentang perkembangan tabel periodik unsur dalam kerja kelompok
o    Presentasi hasil kajian untuk menyimpulkan dasar pengelompokan unsur-unsur.
o    Mendeskripsikan struktur sistem periodik unsur.
o    Membandingkan perkembangan tabel periodik unsur untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangannya.

2 JP
o  Sifatkepriodikanunsur
  Jujur
  Kerja kera
  Toleransi
  Rasa ingintahu
  Komunikatif
  Menghargaiprestasi
  Tanggung Jawab
  Pedulilingkungan
  Percaya diri
  Berorientasi tugas dan hasil

o    Mengkajiketeraturanjari-jari atom, energiionisasi, afinitaselektron, dankeelektronegatifanunsur-unsurseperiodedansegolonganberdasarkan data ataugrafikdannomor atom melaluidiskusikelompok.
o    Menghubungkan keteraturan sifat jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron, dan keelektronegatifan.
o    Mengamati beberapa unsur untuk membedakan sifat logam, non logam dan metaloid
o    Menentukan letak unsur sistem periodik berdasarkan konfigurasi elektron, atau sebaliknya.
o    Menganalisis tabel, grafik untuk menentukan keteraturan jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron dan keelektronegatifan.
o    Mengklasifikasikan unsur ke dalam logam, non logam dan metaloid.
4 JP
1.2. Membandi-ngkan proses pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan kovalen koordinat dan ikatan logam, serta hubungannnya dengan sifat fisika senyawa yang terbentuk.
Ikatan kimia
o Kestabilan unsur
o Struktur lewis
o Ikatan ion dan ikatan kovalen
o Ikatankovalenkoordinat
  Jujur
  Kerja kera
  Toleransi
  Rasa ingintahu
  Komunikatif
  Menghargaiprestasi
  Tanggung Jawab
  Pedulilingkungan
  Percaya diri
  Berorientasi tugas dan hasil

o  Menhgkaji beberapa senyawa untuk menentukan mengapa  atom-atom membentuk ikatan kimia.
o  Menentukan unsur yang dapat melepas elektron atau menerima elektron untuk mencapai kestabilan dalam diskusi kelompok.
o  Menggambarkan lambang Lewis melalui diskusi kelas
o  Membandingkan proses pembentukan ikatan ion dan ikatan kovalen dalam diskusi kelas.
o  Mendiskusikan proses terjadinya ikatan kovalen koordinat dari beberapa contoh sederhana
o  Menjelaskan kecenderungan suatu unsur untuk mencapai kestabilannya.
o  Menggambarkan lambang Lewis unsur gas mulia (duplet dan oktet) dan unsur bukan gas mulia.
o  Menjelaskan proses terbentuknya ikatan ion
o  Menjelaskan proses terbentuknya ikatan kovalen tunggal, rangkap dan rangkap tiga.
o  Menjelaskan proses terbentuknya ikatan kovalen koordinasi
Jenis tagihan:
Kuis
Tugas individu
Tugas kelompok
Ulangan
Bentuk instrumen:
Laporan tertulis
Performans (Kinerja dan sikap)
Tes tertulis
4 JP
Sumber:
Bukukimia

Bahan/Alat
LKS
o Senyawakovalen polar dan non polar
o ikatanlogam
  Jujur
  Kerja kera
  Toleransi
  Rasa ingintahu
  Komunikatif
  Menghargaiprestasi
  Tanggung Jawab
  Pedulilingkungan
  Percaya diri
  Berorientasi tugas dan hasil

o Merancang dan melakukan percobaan untuk menyelidiki kepolaran senyawa di laboratorium
o Mengidentifikasi sifat fisik logam dan menghubungkannnya dengan proses pembentukan ikatan logam dalam diskusi kelompok di laboratorium.
o Menyelidiki kepolaran dari beberapa senyawa dan menghubungkannya dengan kelektronegatifan unsur-unsur melalui percobaan
o Mendeskripsikan proses pembentukan ikatan logam dan hubungannnya dengan sifat fisik logam
o Menghubungkan sifat fisis materi dan hubungannnya dengan jenis ikatan kimianya.
2 JP

Komentar