- Dapatkan link
- Aplikasi Lainnya
Silabus ini lengkap untuk semester 1 dan 2
silakan dowload KLIK DI SINI
sebelum dowload, angka baiknya berikan dulu komentarnya. supaya sempurna dalam persaudaraan dan lebih bahagia kami apabila anda memberikan komentarnya. salam bloger dari manado.
silakan dowload KLIK DI SINI
sebelum dowload, angka baiknya berikan dulu komentarnya. supaya sempurna dalam persaudaraan dan lebih bahagia kami apabila anda memberikan komentarnya. salam bloger dari manado.
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | NilaiBudaya Dan KarakterBangsa | Kewirausahaan/ EkonomiKreatif | Kegiatan pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi waktu | Sumber/Bahan/alat |
1.1.Memahami struktur atom berdasarkan teori atom Bohr, sifat-sifat unsur, massa atom relatif, dan sifat-sifat periodik unsur dalam tabel periodik serta menyadari keteraturannya, melalui pemahaman konfigurasi elektron | o Perkembangan teori atom, mulai dari teori Dalton sampai dengan teori atom modern | Jujur Kerja kera Toleransi Rasa ingintahu Komunikatif Menghargaiprestasi Tanggung Jawab Pedulilingkungan | Percaya diri Berorientasi tugas dan hasil | o Mengkaji atom sebagai partikel dasar penyusun materi (teori atom Dalton) dalam diskusi kelompok. o Mengkaji literatur tentang perkembangan teori atom (di rumah setelah ditugaskan pada pertemuan sebelumnya) o Mempresentasikan dan diskusi hasil kajian o Menyimpulkan hasil pembelajaran o Mengidentifikasi unsur ke dalam isotop, isoton dan isoton melalui kerja kelompok. o Mengkaji massa atom dan massa atom relatif dalam diskusi kelompok. o Mengkaji konfigurasi elektron dan cara penulisannya dalam diskusi kelas. | o Menjelaskan perkembangan teori atom untuk menunjukkan kelemahan dan kelebihan masing-masing teori atom berdasarkan fakta eksperimen o Mengklasifikasikan unsur ke dalam isotop, isobar dan isoton. o Menentukan massa atom relatif berdasarkan kelimpahan isotopnya o Menentukan massa molekul relatif. o Menentukan konfigurasi elektron dan elektron valensi. | Jenis tagihan: Tugas kelompok Kuis Ulangan Bentuk instrumen: Laporan tertulis Performans (Kinerja dan sikap) Tes tertulis | 6 JP | Sumber: Buku kimia, Tabel periodik LKS |
o Perkembangan tabel periodik unsur | Jujur Kerja kera Toleransi Rasa ingintahu Komunikatif Menghargaiprestasi Tanggung Jawab Pedulilingkungan | Percaya diri Berorientasi tugas dan hasil | o Mengkaji sistem periodik untuk memahami makna daftar tersebut melalui diskusi kelas. o Mengkaji literatur tentang perkembangan tabel periodik unsur dalam kerja kelompok o Presentasi hasil kajian untuk menyimpulkan dasar pengelompokan unsur-unsur. | o Mendeskripsikan struktur sistem periodik unsur. o Membandingkan perkembangan tabel periodik unsur untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangannya. | 2 JP | |||
o Sifatkepriodikanunsur | Jujur Kerja kera Toleransi Rasa ingintahu Komunikatif Menghargaiprestasi Tanggung Jawab Pedulilingkungan | Percaya diri Berorientasi tugas dan hasil | o Mengkajiketeraturanjari-jari atom, energiionisasi, afinitaselektron, dankeelektronegatifanunsur-unsurseperiodedansegolonganberdasarkan data ataugrafikdannomor atom melaluidiskusikelompok. o Menghubungkan keteraturan sifat jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron, dan keelektronegatifan. o Mengamati beberapa unsur untuk membedakan sifat logam, non logam dan metaloid | o Menentukan letak unsur sistem periodik berdasarkan konfigurasi elektron, atau sebaliknya. o Menganalisis tabel, grafik untuk menentukan keteraturan jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron dan keelektronegatifan. o Mengklasifikasikan unsur ke dalam logam, non logam dan metaloid. | 4 JP | |||
1.2. Membandi-ngkan proses pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan kovalen koordinat dan ikatan logam, serta hubungannnya dengan sifat fisika senyawa yang terbentuk. | Ikatan kimia o Kestabilan unsur o Struktur lewis o Ikatan ion dan ikatan kovalen o Ikatankovalenkoordinat | Jujur Kerja kera Toleransi Rasa ingintahu Komunikatif Menghargaiprestasi Tanggung Jawab Pedulilingkungan | Percaya diri Berorientasi tugas dan hasil | o Menhgkaji beberapa senyawa untuk menentukan mengapa atom-atom membentuk ikatan kimia. o Menentukan unsur yang dapat melepas elektron atau menerima elektron untuk mencapai kestabilan dalam diskusi kelompok. o Menggambarkan lambang Lewis melalui diskusi kelas o Membandingkan proses pembentukan ikatan ion dan ikatan kovalen dalam diskusi kelas. o Mendiskusikan proses terjadinya ikatan kovalen koordinat dari beberapa contoh sederhana | o Menjelaskan kecenderungan suatu unsur untuk mencapai kestabilannya. o Menggambarkan lambang Lewis unsur gas mulia (duplet dan oktet) dan unsur bukan gas mulia. o Menjelaskan proses terbentuknya ikatan ion o Menjelaskan proses terbentuknya ikatan kovalen tunggal, rangkap dan rangkap tiga. o Menjelaskan proses terbentuknya ikatan kovalen koordinasi | Jenis tagihan: Kuis Tugas individu Tugas kelompok Ulangan Bentuk instrumen: Laporan tertulis Performans (Kinerja dan sikap) Tes tertulis | 4 JP | Sumber: Bukukimia Bahan/Alat LKS |
o Senyawakovalen polar dan non polar o ikatanlogam | Jujur Kerja kera Toleransi Rasa ingintahu Komunikatif Menghargaiprestasi Tanggung Jawab Pedulilingkungan | Percaya diri Berorientasi tugas dan hasil | o Merancang dan melakukan percobaan untuk menyelidiki kepolaran senyawa di laboratorium o Mengidentifikasi sifat fisik logam dan menghubungkannnya dengan proses pembentukan ikatan logam dalam diskusi kelompok di laboratorium. | o Menyelidiki kepolaran dari beberapa senyawa dan menghubungkannya dengan kelektronegatifan unsur-unsur melalui percobaan o Mendeskripsikan proses pembentukan ikatan logam dan hubungannnya dengan sifat fisik logam o Menghubungkan sifat fisis materi dan hubungannnya dengan jenis ikatan kimianya. | 2 JP |
Komentar
Posting Komentar
Membuat Website Gratis
Saran Kritikan sangat diharapkan untuk membantu kami dalam penyempurnaan blog ini dan Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar yang melanggar norma-norma, berbau porno dan sejenisnya yang akan menimbulkan surasagol (Suku, Ras, Agama dan Golongan)