Silabus Matematika Kelas X Berkarakter

Dowload
Silabus ini lengkap untuk semester 1 dan 2. untuk kelas umum alias program inti di bawah ini hanya contoh saja , bahwa silabus berkarakter itu modelnya seperti ini, hehehe bukan menggurui sekedar iseng-iseng saja. selamat dowload semoga bermanfaat. yang ditampilkan di blog cuma semester 1, tapi kalau teman-teman ingin mendapatkan yang lengkap silakan klik kata dowload yang ada di atas tulisan ini!!!!!
Kompetensi Dasar
Materi Ajar
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
(menit)
Sumber /Bahan/ Alat

Teknik
Bentuk Instrumen


Contoh  Instrumen

1.1.    Menggunakan aturan pangkat, akar, dan logaritma.

Bentuk Pangkat, Akar, dan Logaritma.

-   Sifat - sifat bila-ngan berpangkat dengan pangkat bulat positif,          pangkat bulat negatif, dan nol.











  Rasa ingin tahu
  Mandiri
  Kreatif
  Kerja keras

  Berorientasi tugas dan hasil
  Percaya diri
  Keorisinilan

-  Memberikan contoh bentuk perkalian berulang.
-  Menyimak pemahaman dan pendeskripsian tentang bilangan berpangkat, bilangan pokok (basis), dan pangkat (eksponen).
- Menyimpulkan atau mendefinisikan sifat- sifat bilangan berpangkat dengan pangkat bulat positif, negatif, dan nol.

-  Menentukan hasil operasi aljabar pada bentuk pangkat dengan mengaplikasikan rumus - rumus bentuk pangkat.

-  Menyederhanakan bentuk bilangan berpangkat.

- Menyatakan bilangan yang berpangkat bulat negatif ke dalam bentuk bilangan yang berpangkat bulat positif, dan sebaliknya.

-  Menyederhanak-an bentuk suatu bilangan berpangkat.












-  Mengubah bentuk pangkat negatif dari suatu bilangan ke bentuk pangkat positif, dan sebaliknya.


Tugas individu.

Uraian singkat.

1.  Sederhanakanlah.
     a. 
     b.











2.  Nyatakan bilangan berikut dalam pangkat positif dan sederhanakan.
     a.    
      b. 

2 × 45 menit

Sumber:
Buku paket (Buku Matematika SMA dan MA ESIS Kelas X Semester Ganjil Jilid 1A, karangan Sri Kurnianingsih, dkk) hal. 1-6, 7-9, dan 10-13.
Buku referensi lain.

Alat:
-  Laptop
-  LCD
-  OHP



-  Notasi Ilmiah.



-   Mengenal dan memahami pengertian notasi ilmiah.

-   Menyatakan suatu bilangan yang sangat  besar atau sangat kecil ke dalam notasi ilmiah.

-   Menyatakan notasi ilmiah ke dalam suatu  bilangan.
-   Menghitung dan menyatakan hasil operasi bilangan (perkalian dan pembagian) ke dalam notasi ilmiah.

-  Mengubah suatu bilangan ke bentuk notasi ilmiah, dan sebaliknya.



3.   Nyatakan bilangan berikut  dalam notasi ilmiah.
  a.   0,0000002578
      b.  820.000.000.000.000




-  Bilangan rasional.

-  Bilangan irrasional (bilangan bentuk akar).



-   Menjelaskan definisi dan contoh bilangan rasional.

-   Memeriksa apakah suatu bilangan termasuk bilangan rasional atau bukan.

-   Menuliskan bilangan - bilangan rasional di antara dua buah bilangan.
-   Menjelaskan definisi dan contoh bilangan irrasional (bilangan bentuk akar).
   Menunjukkan bahwa suatu bilangan merupakan bilangan irrasional (bilangan bentuk akar).
-   Menyederhanakan bilangan bentuk akar

-  Mengidentifikasi apakah suatu bilangan termasuk bilangan rasional atau bilangan irrasional (bilangan bentuk akar).

Tugas individu.

Uraian singkat.

-  Di antara bilangan-bilangan berikut, manakah yang merupakan bilangan bentuk akar?
   a.             d. 
   b.             e. 
   c.           f. 

2 × 45 menit

Sumber:
Buku paket hal. 14,      15-16, 17.
Buku referensi lain.

Alat:
-   Laptop
-   LCD
-   OHP



- Operasi aljabar pada bentuk akar.



-   Menentukan hasil operasi aljabar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian) pada bentuk akar dengan mengaplikasikan rumus - rumus bentuk akar.

-    Menyederhanakan bentuk akar
     dan
   

-   Melakukan operasi aljabar pada bentuk akar.

Tugas
kelompok.

Uraian singkat.

- Nyatakan penjumlahan dan pengurangan berikut dalam bentuk akar yang sederhana.
   a.  
   b.

2 × 45 menit

Sumber:
Buku paket hal.    18-22.
Buku referensi lain.

Alat:
-   Laptop
-   LCD
-   OHP


-    Merasionalkan
     penyebut pecahan bentuk akar.




-    Menentukan sekawan suatu bilangan.

-   Merasionalkan penyebut pecahan bentuk  akar dengan mengalikan pembilang dan penyebut pecahan dengan sekawan dari penyebut.


-    Merasionalkan
     penyebut pecahan yang berbentuk akar.

Tugas individu.

Uraian singkat.
-   Rasionalkan penyebut
     tiap pecahan berikut.
    a.             
    d.  
    b.      
    e.   
    c. 

2 × 45 menit

Sumber:
Buku paket
hal. 23-28.
Buku referensi lain.

Alat:
-   Laptop
-   LCD
-   OHP



-    Pangkat rasional:
-    Bilangan berbentuk  atau  untuk  dan
     himpunan      bilangan asli.
-    Mengubah pangkat pecahan negatif menjadi pangkat pecahan positif.
-    Persamaan pangkat sederhana dengan bilangan pokok sama.



-   Menyimpulkan atau mendefinisikan bilangan dalam bentuk akar dan bilangan bentuk pangkat pecahan.
-   Menggunakan sifat bilangan dengan pangkat rasional untuk menyelesaikan persoalan.

-   Menyatakan suatu bilangan dengan pangkat rasional ke dalam bentuk akar.

-    Mengubah pangkat pecahan negatif menjadi pangkat pecahan positif.

-    Menyelesaikan persamaan pangkat sederhana (persamaan eksponen) dengan bilangan pokok yang sama.


-   Mengubah bentuk akar ke bentuk pangkat, dan sebaliknya.







-  Mengubah pangkat pecahan negatif menjadi pangkat pecahan positif.

-  Menyelesaikan persamaan pangkat sederhana (persamaan eksponen) dengan bilangan pokok yang sama.

Kuis

Uraian singkat.

1.   Nyatakan bilangan - bilangan berikut dalam bentuk pangkat.
     a.              
     d.
     b.          
     e.
     c. 
2. Sederhanakanlah bentuk

3. Tentukan nilai x dari persamaan

2 × 45 menit

Sumber:
Buku paket hal.     28-31, 32-33, 33-36.
Buku referensi lain.

Alat:
-   Laptop
-    LCD
-   OHP



-   Sifat-sifat bilangan berpangkat dengan pangkat bulat positif, pangkat bulat negatif, dan nol.
-   Notasi Ilmiah.
-   Bilangan rasional.
-   Bilangan irrasional (bilangan bentuk akar).
.   Operasi aljabar pada bentuk akar.
-    Merasionalkan
     penyebut pecahan bentuk akar.
-    Pangkat rasional.




-    Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan dengan bilangan berpangkat (pangkat bulat positif, negatif, dan nol), notasi Ilmiah, bilangan rasional, irrasional, atau bilangan bentuk akar, operasi aljabar pada bentuk akar, merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar, serta pangkat rasional.

-    Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi menge-nai bilangan berpang-kat (pangkat bulat  positif, negatif, dan nol), notasi Ilmiah, bilangan rasional, irrasional, atau bilangan bentuk akar, operasi aljabar pada bentuk akar, merasionalkan     penyebut pecahan bentuk akar, serta pangkat rasional.

  Ulangan harian.

Pilihan ganda.












Uraian singkat.
1. 
     a.           
    d.
     b.          
     e. 
     c. 



2.   Sederhanakan bentuk akar berikut ini.
     a.          
     d.
     b.             
     e.
     c.

2 × 45 menit



-    Pengertian  logaritma.

-    Sifat-sifat logaritma (operasi aljabar logaritma).




-    Menyimpulkan atau mendefinisikan logaritma dan sifat - sifat logaritma.

-    Mengubah bentuk logaritma ke dalam bentuk pangkat, dan sebaliknya.

-    Menentukan hasil operasi aljabar pada bentuk logaritma dengan mengaplikasikan rumus - rumus bentuk logaritma.
-        


-    Mengubah bentuk pangkat ke bentuk logaritma, dan sebaliknya.





-    Melakukan operasi aljabar pada bentuk logaritma.



Tugas
kelompok.

Uraian singkat.

1.   Ubahlah ke dalam bentuk logaritma.
      a.   
      b.   
      c.   
2.    Sederhanakanlah

2 × 45 menit

Sumber:
Buku paket hal.     36-38, 38-43.
Buku referensi lain.

Alat:
-    Laptop
-    LCD
-    OHP



-    Penentuan logaritma dan antilogaritma dengan tabel
    atau kalkulator.

-    Logaritma untuk perhitungan.




-   Menentukan logaritma suatu bilangan dengan menggunakan tabel logaritma atau kalkulator.

-    Menentukan antilogaritma suatu bilangan dengan menggunakan tabel antilogaritma atau kalkulator.

-    Menggunakan logaritma untuk perhitungan.


-    Menentukan logaritma dan antilogaritma dari suatu bilangan dengan tabel yang bersesuaian (tabel logaritma atau tabel antilogaritma) atau kalkulator, serta menggunakan logaritma untuk perhitungan.

Tugas
individu.

Uraian singkat.

Tentukan nilai dari logaritma    berikut.
a.  log 45,458
b.  log 144,3
c.  log 0,05
d.  log 0,098
e.  log 0,001

2 × 45 menit

Sumber:
Buku paket hal.    44-47, 48-50, 51-52.
Buku referensi lain.

Alat:
-   Laptop
-   LCD
-   OHP


-    Pengertian  logaritma.

-    Sifat-sifat logaritma (operasi aljabar logaritma).

-   Penentuan logaritma dan antilogaritma dengan tabel atau kalkulator

-   Logaritma  untuk  
     perhitungan.




-   Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan dengan pengertian  logaritma, sifat- sifat logaritma, serta cara menentukan logaritma dan antilogaritma dengan tabel atau kalkulator.


-    Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai pengertian dan sifat - sifat logaritma, serta cara menentukan logaritma dan antilogaritma dengan tabel atau kalkulator.

Ulangan harian.

Pilihan ganda.








Uraian singkat.

1.    Nilai            adalah…….
       a.   5              
       d.   1,5      
       b.   2,5           
      e.   0,6
       c.   2
2.    Jika , maka  =…
       a.             
       d.
       b.             
       e.
       c.


2 × 45 menit


1.2. Melakukan manipu-lasi aljabar dalam perhitu-ngan yang melibatkan pangkat, akar, dan logaritma.

-    Sifat-sifat bilangan dengan pangkat bulat.

-    Bentuk akar.


-   Sifat-sifat logaritma.


  Rasa ingin tahu
  Mandiri
  Kreatif
  Kerja keras

  Berorientasi tugas dan hasil
  Percaya diri
  Keorisinilan

-    Menyederhanakan bentuk aljabar  yang memuat pangkat bulat.

-   Menyederhanakan bilangan bentuk akar.

-   Menyederhanakan bentuk aljabar yang memuat logaritma.

-   Menggunakan konsep bentuk pangkat, akar, dan logaritma untuk menyelesaikan soal.


-   Menyederhanak-an bentuk aljabar yang memuat bentuk pangkat, akar, dan logaritma.

Tugas
individu.

Uraian singkat.

Bentuk sederhana dari   adalah ....

2 × 45 menit

Sumber:
Buku paket hal. 5-9,      17-28, dan 38-43.
Buku referensi lain.

Alat:
-   Laptop
-   LCD
-   OHP



-    Sifat-sifat  bilangan berpangkat bulat positif.

-   Sifat-sifat logaritma.




-   Melakukan pembuktian tentang sifat-sifat sederhana pada bentuk pangkat, akar, dan logaritma.

-   Membuktikan sifat- sifat sederhana tentang bentuk pangkat, akar, dan logaritma.

Tugas kelompok.

Uraian  obyektif.

Buktikan bahwa     , , dan

2 × 45 menit

Sumber:
Buku paket hal. 4-6, dan 38-43.
Buku referensi lain.

Alat:
-   Laptop
-   LCD
-   OHP



-    Sifat bilangan dengan pangkat rasional.

-    Merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar.

-   Sifat-sifat dari logaritma serta bilangan berpangkat bulat positif.




-    Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan dengan sifat dari bilangan berpangkat rasional dan berpangkat bulat positif, merasional kan penyebut pecahan bentuk akar, dan sifat-sifat dari logaritma.



-    Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai sifat dari bilangan berpangkat rasional dan berpangkat bulat      positif, merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar, dan sifat- sifat dari logaritma.

Ulangan harian

Pilihan ganda.













Uraian obyektif.

1.  Jika  dengan  dan , maka nilai =.....
    a. 16              
    d.  
    b. 8            
     e.  
    c. 2

2. Dengan cara merasionalkan  
    bagian penyebut  ekuivalen dengan…..



2 × 45 menit

Komentar