Silabus PKn Kelas XII Berkarater

Silabus lengkap semester 1 dan 2
dipersilakan untuk dowload KLIK DI SINI
Jangan lupa komentarnya, semoga bermanfaat.
Silabus ini dibagikan dengan gratis untuk kepentingan pendidikan di negeri ini dan mencerdaskan anak bangsa
Anda bisa baca juga di sini Kumpulan Bahan Ajar



Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1 Mendeskripsi-kan Pancasila sebagai ideologi terbuka
Pancasila sebagai ideologi terbuka
o  Makna ideologi negra
o  Proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara

o  Fungsi pokok Pancasila
o  Pancasila sebagai ideologi terbuka
·   Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab

·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

· Mengkaji dari berbagai sumber (buku, nara sumber dsb.)  tentang proses perumusan Pancasila sejak sidang BPUPKI sampai dengan sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945
· Menguraikan fungsi pokok Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
· Membandingkan ideologi terbuka dan ideologi tertutup
· Berdiskusi hasil penggalian informasi makna Pancasila sebagai ideologi terbuka
·         Mendeskripsikan makna ideologi negara
·         Mengemukakan proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara

·         Menguraikan fungsi pokok Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara

·         Membedakan ideologi terbuka dan ideologi tertutup
·         Mendeskripsikan makna Pancasila sebagai ideologi terbuka
·       Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
·       Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk  lainnya)
·       Presentasi







4 X 45

















·       Buku Kewarganegaraan Esis Kelas XII, karangan Dra. Retno Listyarti
·       Undang-Undang Dasar  Republik Indonesia tahun 1945, amandemen I, II, III dan IV, Bandung: Citra Umbara
·       Nugroho Notosusanto (1983), Naskah Prokla-masi yang Otentik dan Rumusan Pancasila yang Otentik, Jakarta: PN Balai Pustaka.

1.2  Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan

Nilai-nilai Pancasila
o  Pancasila sebagai sumber nilai

o  Pancasila sebagai paradigma pembangunan

·   Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab

·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

· Mengkaji dari beberapa sumber pustaka tentang Pancasila sebagai sumber nilai dan Pancasila sebagai  paradigma pembangunan.
· Berdiskusi hasil kajian tentang Pancasila sebagai sumber nilai dan sebagai  paradigma pembangunan
·         Mendeskripsikan Pancasila sebagai sumber nilai.
·         Mendeskripsikan Pancasila sebagai paradigma pembangunan
·         Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan

·       Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
·       Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk  lainnya)
·       Presentasi
2 X 45
·     Buku Kewarganegaraan Esis Kelas XII, karangan Dra. Retno Listyarti
·     UUD 1945
·     Buku-buku sumber yang relevan
·     Buku pelajaran lain
·     Media cetak dan elektronik.
1.3 Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka

o  Perilaku yang sesuai nilai- nilai Pancasila







o  Sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka

·   Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab

·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

· Mengidentifikasi berita di media elektronik (TV, internet dsb.) dan artikel dari media cetak (buku, koran, majalah dsb) sehingga  dapat menunjukkan perilaku positif terhadap Pancasila

· Mengamati perilaku masyarakat lingkungannya yang sesuai dengan nilai  Pancasila sebagai  ideologi terbuka (contoh: berani mengemukakan pendapat/demonstrasi)

·      Menunjukkan contoh sikap dan perilaku positif yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila





·      Menemukan cara bersikap positif yang sesuai dengan Pancasila sebagai ideologi terbuka.

o   Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o   Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk  lainnya)
o   Presentasi

2 X 45
·     Buku Kewarganegaraan Esis Kelas XII, karangan Dra. Retno Listyarti
·     Mustafa Kamatl Pasha, B. Ed, (2002) Pendidikan Kewarganegaraan  (Civic Education), Yogyakarta: Citra Karsa Mandiri.
·     Media cetak dan media eletronik
·     Buku-buku sumber yang relevan
·     Buku pelajaran/paket lainnya.

Komentar