- Dapatkan link
- Aplikasi Lainnya
Silabus lengkap semester 1 dan 2
Kegiatan pembelajaran tanpa dilandasi dengan perangkat pembelajaran, maka sama dengan hidup tanpa tujuan.
salam blogger dari manado, buat guru-guru SMA di Indonesia tulisan kali ini semoga bermanfaat demi kecerdasan anak bangsa.
silakan dowload KLIK DI SINI
dan jangan lupa komentarnya.
Kegiatan pembelajaran tanpa dilandasi dengan perangkat pembelajaran, maka sama dengan hidup tanpa tujuan.
salam blogger dari manado, buat guru-guru SMA di Indonesia tulisan kali ini semoga bermanfaat demi kecerdasan anak bangsa.
silakan dowload KLIK DI SINI
dan jangan lupa komentarnya.
Kompetensi Dasar | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar/ Bahan/ Alat | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||||
1.1. Menjelaskan Pengertian dan Ruang Lingkup Sejarah | Jujur, disiplin, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, peduli lingkungan, tanggung jawab | Percaya diri (keteguhan hati, optimis). Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik). Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin) Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan). | Hakikat dan Ruang Lingkup Ilmu Sejarah · Pengertian Sejarah | · Mendeskripsikan pengertian sejarah berdasarkan asal usul kata dan pandangan para tokoh mengenai sejarah melalui internet | · Mendeskripsikan pengertian sejarah berdasarkan asal usul kata dan pandangan para tokoh | · Tugas Individu | · Tertulis | · Buatlah silsilah keluarga Anda, kemudian tulislah sejarah keluarga Anda dalam bentuk karangan! (hal 7) | 1x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMA – (hal 1 – 7) · Peta konsep · OHP · Buku-buku penunjang · Internet · Internet · Buku sumber |
Jujur, disiplin, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, peduli lingkungan, tanggung jawab | Percaya diri (keteguhan hati, optimis). Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik). Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin) Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan). | · Sejarah sebagai peristiwa, kisah, ilmu, dan seni | · Diskusi jigsaw tentang sejarah sebagai peristiwa, kisah, ilmu, dan seni dengan bahan dari buku sumber dan internet | · Mendeskripsikan sejarah sebagai peristiwa, kisah, ilmu, dan seni | · Unjuk Kerja | · Diskusi jigsaw | · Analisa dan diskusikan suatu tulisan sejarah mengapa dapat digolongkan sebagai peristiwa, kisah, ilmu, dan seni! (hal 14) | 1x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMA – (hal 8 – 14) · Peta konsep · OHP · Buku-buku penunjang · Internet | |
Jujur, disiplin, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, peduli lingkungan, tanggung jawab | Percaya diri (keteguhan hati, optimis). Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik). Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin) Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan). | · Generalisasi, periodisasi, dan kronologi | · Menyusun periodisasi hidup sejak lahir sampai saat ini dalam bentuk garis waktu | · Memberikan contoh pengertian generalisasi, periodisasi, dan kronologi | · Tugas Individu | · Tertulis | · Buatlah periodisasi hidup Anda sejak lahir sampai saat ini dalam bentuk garis waktu pada selembar kertas! (hal 18) | 1x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMA – (hal 14 – 18) · Peta konsep · OHP · Buku-buku penunjang · Internet | |
Jujur, disiplin, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, peduli lingkungan, tanggung jawab | Percaya diri (keteguhan hati, optimis). Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik). Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin) Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan). | · Kegunaan Sejarah | · Mendeskripsikan dan menemukan kegunaan sejarah dalam kehidupan serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari | · Mendeskripsikan kegunaan sejarah secara intrinsik · Mendeskripsikan kegunaan sejarah secara ekstrinsik | · Tugas Individu · Portofolio | · Pilihan ganda · Uraian · Karangan analisis | · Kata “sejarah” berasal dari bahasa Arab, yaitu a. syajaratun d. historia b. history e. geschicthe c. story (hal 24) · Jelaskan pengertian sejarah berdasarkan asal usul katanya! (hal 26) · Buatlah karangan analisis mengenai tuntutan mengkaji dan menulis kembali sejarah Indonesia! (hal 23) | 1x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMA – (hal 19 – 26) · Peta konsep · OHP · Buku-buku penunjang · Internet |
Komentar
Posting Komentar
Membuat Website Gratis
Saran Kritikan sangat diharapkan untuk membantu kami dalam penyempurnaan blog ini dan Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar yang melanggar norma-norma, berbau porno dan sejenisnya yang akan menimbulkan surasagol (Suku, Ras, Agama dan Golongan)