- Dapatkan link
- Aplikasi Lainnya
Silabus lengkap semester 1 dan 2
silakan dowload KLIK DI SINI
silakan dowload KLIK DI SINI
Kompetensi Dasar | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif | Indikator Pencapaian Kompetensi | Materi pokok/ pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Waktu | Sumber/bahan/alat | |||||||||||
Teknik | Bentuk | Contoh Instrumen | |||||||||||||||||
1.1. Menjelaskan fungsi sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat dan lingkungan | Toleransi Demokratis Rasa Ingin tahu Semangat kebangsaan Bersahabat Cinta Tanah Air Cinta Damai Peduli social Tanggung Jawab | Kepemimpinan Percaya diri Berorientasi Tugas dan Hasil Jujur Ulet | · Mendefinisikan sosiologi sebagai ilmu dan metode · Mendeskpripsikan hubungan berbagai konsep tentang realitas sosial. · Mengidentifikasi data tentang realitas sosial masyarakat. | · Sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat dan lingkungan | · Secara individu menggali informasi melalui studi pustaka tentang konsep dasar dan metode sosiologi menurut para ahli. · Secara berkelompok mendiskusikan konsep dasar dan metode sosiologi. · Secara berkelompok mendiskusikan masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari tentang hubungan berbagai konsep realitas sosial. · Secara individu menggali informasi melalui media massa tentang realitas sosial masyarakat · Secara individu mengungkapkan kembali hasil temuannya tentang realita sosial. | Test tertulis dan berbicara Test tertulis Penugasan | Diskusi kelompok Pilihan ganda, Uraian Tugas individu | Bacalah kasus Dampak Lumpur Lapindo dalam buku Esis 25-26. Sosiologi lahir dari lontaran kekhawatiran seorang ahli filsafat Perancis yang bernama…. a. Herbert Spencer b. Ausguste Comte c. Thomas Hobbes (lihat buku Esis, halaman 27-30) 1. Jelaskan pengertian sosiologi, objek sosiologi, dan tujuan sosiologi! 2. Apa gunanya belajar sosiologi? Buatlah sebuah karangan tentang peran sosiologi dalam hidup bermasyarakat. | 4 x 40’ | Sosiologi untuk SMA dan MA kelas X Kun Maryati dan Juju Surayawati (ESIS) Artikel, gambar, dari berbagai media massa Kamus Sosiologi Koran, majalah, TV, internet. | |||||||||
1.2. Mendeskripis-kan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat | Toleransi Demokratis Rasa Ingin tahu Semangat kebangsaan Bersahabat Cinta Tanah Air Cinta Damai Peduli social Tanggung Jawab | Kepemimpinan Percaya diri Berorientasi Tugas dan Hasil Jujur Ulet | · Menjelaskan nilai dan norma. · Membedakan nilai dan norma · Menjelaskan peran nilai dan norma dalam masyarakat. · Mengklasifikasikan kasus pelanggaran nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat. | · Nilai dan Norma | · Secara individu menggali informasi tentang pengertian nilai dan norma sosial dalam kehidupan masyarakat. · Secara individu dapat membedakan antara nilai dan norma sosial dalam kehidupan masyarakat. · Secara kelompok mendiskusikan tentang peran nilai dan norma sosial dalam kehidupan masyarakat. · Secara kelompok berdiskusi tentang kasus-kasus pelanggaran nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat. · Merumuskan solusi dalam penanganana pelanggaran nilai dan norma. | Test Tertulis Penugasan Penugasan Ulangan Blok | Uraian Tugas individu Hasil diskusi PG dan Urain | Jelaskan fungsi nilai bagi seseorang dalam hidup bermasyarakat? Indentifikasikanlah nilai-nilai sosial yang kamu anggap baik dan kurang baik dalam masyarakat di daerahmu! Isilah kolom di bawah ini!
Bacalah kasus Korban Pencurian Yang Baik Hati kemudian diskusikan bersama teman-temanmu! (Buku halaman 46-47) 1. Apa yang dimaksud dengan nilai sosial dan apa ciri-ciri serta fungsinya? 2. Sebutkan macam-macam nilai sosial! 3. Apa yang dimaksud dengan norma dan apa fungsi norma bagi masayrakat? 4. Bagaimana tingkatan dan jenis-jenis norma dalam masyarakat? | 12 jam | Sosiologi untuk SMA dan MA kelas X Kun Maryati (ESIS) Artikel dari koran dan internet Kamus Sosiologi Masyarakat setempat Data instansi/lembaga | |||||||||
1.3. Mendeskripsi-kan proses interaksi sosial sebagai dasar pengembangan pola ketaraturan dan dinamika kehidupan sosial. | Toleransi Demokratis Rasa Ingin tahu Semangat kebangsaan Bersahabat Cinta Tanah Air Cinta Damai Peduli social Tanggung Jawab | Kepemimpinan Percaya diri Berorientasi Tugas dan Hasil Jujur Ulet | · Mendefinisikan interaksi sosial dan dinamika sosial · Menjelaskan faktor yang mendorong terjadinya interaksi sosial dan dinamika sosial · Menjelaskan hubungan antara interaksi sosial dan ketaraturan sosial. | Interaksi Sosial dan Dinamika Sosial | · Secara individu menggali informasi dari berbagai referensi perpustakaan tentang interaksi sosial dan dinamika sosial. · Menyimpulkan temuan pustaka tentang interaksi sosial dan dinamika sosial · Secara kelompok mendiskusikan kartu kasus yang sudah disiapkan guru. · Secara klasikal merumuskan faktor-faktor yang mendorong terjadinya interaksi sosial dan dinamika sosial. · Secara individu mengungkapkan pengalaman berinteraksi sosial dalam masyarakat. · Secara individu menerapkan pola-pola interaksi untuk terbentuknya keteraturan sosial. | Penugasan Penugasan Penugasan Tugas kelompok Ulangan Blok | Portofolio Diskusi kelompok Pengamatan PG dan Uraian singkat | Ungkapkan secara tertulis pengalamanmu berinteraksi dengan teman atau orang lain! Diskusikan factor-faktor interaksi social apa yang menyebabkan anak-anak muda senang dengan grup musik tertentu? Amatilah masyarakat di sekitarmu! Identifikasikanlah factor-faktor pendorong interaksi mereka dan catatlah dalam bentuk tabel berikut!
1. Apa yang dimaksud dengan kontak social? (Buku Esis, halaman 84-86) | 8 jam | Sosiologi untuk SMA dan MA kelas X Kun Maryati dan Juju Surayawati (ESIS) Artikel dari koran dan internet Gambar, foto, CD, Masyarakat setempat |
Komentar
Posting Komentar
Membuat Website Gratis
Saran Kritikan sangat diharapkan untuk membantu kami dalam penyempurnaan blog ini dan Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar yang melanggar norma-norma, berbau porno dan sejenisnya yang akan menimbulkan surasagol (Suku, Ras, Agama dan Golongan)