Minggu, 25 Desember 2011

RPP Sejarah Kelas XII Berkarakter


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMA/MA.                               : ………………………………………………..
Program                                   : Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : XII/1
Standar Kompetensi               : 1.  Menganalisis Perjuangan Bangsa Indonesia sejak
                                                       Proklamasi hingga Lahirnya Orde Baru
Kompetensi Dasar                   : 1.1. Menganalisis Peristiwa sekitar Proklamasi 17 Agustus
                                                         1945 dan Pembentukan Pemerintah Indonesia
Indikator                                 : -     Mendeskripsikan upaya mempersiapkan kemerdekaan
                                                        Indonesia dari pembentukan BPUPKI hingga PPKI
-          Mendeskripsikan peristiwa seputar Proklamasi dari
Rengasdengklok hingga Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
Alokasi Waktu                        : 3x45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
  • Mendeskripsikan upaya mempersiapkan kemerdekaan Indonesia dari pembentukan BPUPKI hingga PPKI
  • Mendeskripsikan peristiwa seputar Proklamasi dari Rengasdengklok hingga Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab.  
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik). Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin), Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan).

B.     Materi Pembelajaran
·         Upaya mempersiapkan kemerdekaan Indonesia
·         Peristiwa seputar Proklamasi 17 Agustus 1945
RPP ini lengkap semester 1 dan 2 
DOWNLOAD
Load disqus comments

0 Komentar