Arti dan Makna Logo SMA N 1 Bolangitang Barat


A.      Makna warna
1.       Merah melambangkan semangat dalam perjuangan
2.       Hijau melambangkan kedamaian, keadilan dan ketentraman dalam lingkungan sekolah
3.       Biru melambangkan keteguhan hati, ketenangan, kearifan  dan kewibawaan
4.       Kuning melambangkan kesejahteraan dan dinamika sekolah
5.       Abu-abu merupakan pakaian seragam siswa SMA yang melambangkan kode etik
6.       Warna Putih melambangkan bersih, suci, netral
B.      Makna dan Bentuk Gambar
1.       SEGITIGA TENGAH YANG MEMBUNGKUS PENA melambangkan tiga pilar pendidikan yang meliputi logika, etika dan estetika yang bersifat komplementer. Logika adalah kemampuan siswa dalam berpikir yang cerdik dan faktual. Etika adalah perilaku yang dimiliki oleh siswa yang sesuai dengan nilai dan norma. Estetika adalah nilai keindahan yang dimiliki oleh siswa yang bersangkutan dengan nurani.
2.       PADI DAN KAPAS mengandung makna bahwa melalui pendidikan, SMA 1 BOLANGITANG BARAT berusaha menghasilkan lulusan yang dapat mengisi pembangunan sehingga meningkatkan sandang dan pangan sekaligus memujudkan kesejahteraan dan kemakmuran.
3.       BUKU DALAM POSISI TERBUKA artinya buku merupakan sumber ilmu pengetahuan dan sumber infromasi sekaligus guru besar demi menata nilai kehidupan untuk berkarya dan berinovasi.
4.       PENA melambangkan adanya proses belajar mengajar.
5.       BINTANG BERSUDUT LIMA BERWARNA BIRU melambangkan Ketuhanan Yang Maha Esa dan kebulatan tekad untuk mencapai cita-cita yang setinggi-tingginya.
6.       Tulisan “SMA NEGERI 1 BOLANGITANG BARAT” mendatar merupakan nama dan lokasi sekolah yang terletak di kecamatan Bolangitang Barat.
7.       Tulisan “ BOLMONG UTARA” adalah singkatan dari nama Kabupaten Bolaang Mongondow Utara  sebagai tempat / domisili SMA N 1 Bolangitang Barat

Komentar