BIAYA PELUANG DAN HILANGNYA KESEMPATAN PADA TENAGA KERJA

1.    Pengertian biaya peluang
Biaya peluang adalah hilangnya suatu kesempatan penghasilan atau penghematan biaya akibat dipilihnya suatu alternatif keputusan tertentu
2.    Contoh biaya peluang
Misalnya sesorang yang sedang duduk dibangku SMA adalah sustu alternatif yang diputuskan oleh orang tua anda yang terbaik karena anda setelah lulus dari SMP masih diberi kesempatan untuk melanjutkan ke SMA dan tidak disuruh bekerja. Waktu sekolah anda merupakan apportunity cost dengan hilangnya kesempatan bekerja.

SOAL-SOAL LATIHAN

SOAL URAIAN

1.         Jelaskan pengertian biaya peluang?
2.         Kemukakan beberapa contoh biaya peluang?

KUNCI JAWABAN

1.    Biaya peluang adalah hilangnya suatu kesempatan penghasilan atau penghematan biaya akibat dipilihnya suatu alternatif keputusan tertentu
2.              -  Setelah lulus SMA sndi ditawari untuk bekerja sebagai tenaga administrasi kantor dengan gaji Rp. 600.000, operator mesin dipabrik dengan gaji Rp. 550.000 mekanik disebuah bengkel dengan gaji Rp. 500.000 atau sopir angkutan dengan penghasilan Rp. 400.000 apabila anda memilih bekerja di kantor sebagai tenaga administrasi dengan gaji Rp. 600.000, biaya peluang yang andi korbankan adalah jumlah tertinggi dari altenatif yang lain, yaitu sebesar Rp. 550.000.
-          Pak budi memancing, ia kehilangan waktunya untuk memberi kursus setir mobil, revarasi mobil, istirahat. Semua peluang itu jika dinilai dengan uang, biaya peluangnya adalah nilai tertinggi dari peluang-peluang yang hilang.