Minggu, 27 Mei 2012

Circular Flow Diagram

Standar kompetensi       :  1.  Memahami prmasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan   manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi
kompetensi dasar          :  2.2 Mendeskripsikan Circulair flow diagram
Indikator                              :  1. Membuat model diagram interaksi pelaku ekonomi
                                       2. mengidentifikasi manfaat diagram interaksi pelaku ekonomi

MATERI POKOK

1.        CIRCULAIR  FLOW DIAGRAM
A.      Perekonomian dua sektor
 
B.      Perekonomian empat sektor
 
2.         MANFAAT  DIAGRAM  INTERAKSI PELAKU EKONOMI
A.        Menganalisis aliran uang dan barang dalam kegiatan ekonomi nasional
B.         Mengawasi dan mengatur keseimbangan kebutuhan akan barang dalam negeri dengan arus barang dan uang dari luar negeri
C.         Menentukan pola pembangunan nasional
D.        Mengetahui perhitungan dan distribusi pendapatan dan produk nasional serta perhitungan pendapatan nasional dan RAPBN ternasuk kebijakan-kebijakannya
E.         Mengetahui gambaran tentang arus investasi dan dana pembangunan dari  dalam atau luar negeri
F.         Mengawasi devisa negara terhadap neraca pembayaran luar negeri
G.        Mengetahui hak dan kewajiban negara terhadap pelaku ekonomi lainnya
H.        Mencari bentuk atau struktur ekonomi nasional dengan perkembangan globalisasi ekonomi
I.           Mengetahui sumber-sumber penerimaan negara terutama yang berasal dari pajak
J.          Menjalin hubungan kerjasama internasional dengan negara lain.
SOAL-SOAL  LATIHAN
SOAL URAIAN
Gambar dan Jelaskan arus diagram interaksi pelaku ekonomi empat sektor
KUNCI JAWABAN




1.       Sektor rumah tangga memiliki faktor produksi yang dibutuhkan untuk proses produksi barang dan jasa. Faktor produksi tersebut adalah kesediaan untuk bekerja, barang modal , uang dan kesediaan untuk menanggung resiko yang dihadapi oleh perusahaan dengan membeli saham.untuk faktor produksi yang diberikan tersebut,sektor perusahaan memberikan gaji untuk kesediaan bekerja,pendapatan bunga untuk kesediaan meminjamkan uang, pendapatan sewa untuk kesediaan memberikan barang modal, dan pembagian keuntungan untuk kesediaan menanggung resiko.semuanya itu (garis 1) merupakan aliran pendapatan bagi sektor rumah tangga yang berasal dari sektor perusahaan. Selain itu rumah tangga juga memperoleh pendapatan dari pemerintah.pendapatan tersebut bisa karena balas jasa atas faktor produksi yang diberikan. Tetapi ada juga pendapatan yang diperoleh dari sektor pemerintah yang bukan merupakan balas jasa atas faktor produksi yaitu pendapatan non balas jasa.
Jika masyarakat yang kurang mampu pemerintah memberikan tunjangan-tunjangan,maka bagi yang mampu pemerintah menarik pajak (garis 3). Tentu saja pajak ini mengurangi pendapatan total sektor rumah tangga. Pendapatan (garis 1 + garis 2) dikurangi pajak (garis 3) merupakan pajak yang dapat dibelanjakan. Pendapatan inilah yang digunakan untuk konsumsi barang dan jasa yang diproduksi sektor perusahaan (garis 4) maupun yang diimpor dari luar negeri (garis 8).
2.       Sektor perusahaan
Aliran pengeluaran sektor rumah tangga (garis 4) merupakan aliran pendapatan sektor perusahaan. Selain dari sektor rumah tangga, perusahaan memperoleh pendapatan dari sektor pemerintah (garis 5) yang merupakan konsumsi pemerintah, dan dari permintaan sektor luar negeri yang merupakan ekspor sektor perusahaan (garis 7). Selain melakukan pembayaran untuk sektor rumah tangga (garis 1), perusahaan juga membayar pajak kepada pemerintah (garis 6)
3.       Sektor pemerintah
Fungsi utama pemerintah adalah menyediakan barang publik. Untuk menjalankan fungsinya, pemerintah melakukan pengeluaran berupa pembelian barang dan jasa dari sektor perusahaan (garis 5) dan pengeluaran-pengeluaran untuk sektor rumah tangga (garis 2). Karena barang publik tidak dapat disediakan sepenuhnya lewat mekanisme pasar, pemerintah harus menarik pajak dari sektor rumah tangga (garis 3) dan sektor perusahaan (garis 6).
4.       Sektor luar negeri
Sektor rumah tangga, perusahaan dan pemerintah merupakan perekonomian domestik. Perekonomian dikatakan tertutup jika tidak melakukan interaksi dengan sektor luar negeri. Interaksi dengan sektor dalam perekonomian terbuka disederhanakan dengan mekanisme ekspor (garis 7) dan impor (garis 8).
 
Load disqus comments

0 Komentar