Langkah-Langkah Membuat Websekolah Online dengan Hosting Gratis


Saat ini banyak sekolah-sekolah dari tingkat sekolah yang ada di kota maupun sekolah yang ada di pedesaan  berlomba-lomba ingin memiliki website sekolah yang bisa diakses secara online.
Namun untuk bisa mengonlinekan sebuah websekolah biasanya membutuhkan biaya mahal. Tapi itu dulu, saat ini, websekolah yang dengan CMS Balitbang Kemdikbud bisa di online-kan secara gratis dengan menggunakan Hostig gratis.
Sekarang kita langsung aja ya, bagaimana cara-cara meng-online-kan websekolah dengan CMS Balitbang Kemdikbud ? Silahkan baca selengkapnya sebagai berikut yang saya kutip dari www.websekolahindonesia.com
PENTING : Dalam artikel ini semua informasi username dan password akan saya tampilkan apa adanya. Demi kelancaran berbagi pengalaman ini, tolong jangan disalahgunakan. Sebab username dan password tersebut akan digunakan dalam beberapa artikel bersambung mengenai cara meng-online-kan websekolah dengan menggunakan SMS Balitbang Kemdikbud.
Gunakan browser Mozilla Firefox demi kemudahan berselancar.
Jika di antara teman-teman hendak mencoba, mari kita membuat akun sendiri. Akun yang saya buat ini akan digunakan untuk keperluan belajar, berbagi melalui artikel yang saya sampaikan. Terimakasih atas pengertian dan kerjasamanya.
Saya belum apa-apa dan bukan siapa-siapa. Hanya seseorang yang ketika ada teman bertanya kepada saya, saya berusaha untuk menjawab sepengetahuan saya. Tanpa ambisi atau pamrih terhadap sesuatu.
MEMILIH DAN MENDAFTARKAN DIRI DI FREE WEB HOSTING.
Seiring dengan perkembangan websekolah pada saat ini, saya memberanikan diri untuk menulis posting ini. Saya hanya akan berbagi pengalaman kepada teman-teman semua. Sebuah pengalaman yang saya dapatkan dari proses belajar, try & error untuk mengonlinekan Websekolah dengan CMS Balibatbang Kemdikbud. Saya sadari bahwa apa yang akan saya sampaikan di sini masih banyak kekurangannya. Namun, semoga pengalaman ini bisa bermanfaat bagi kita. Tak perlu berpanjang kata, marilah kita mulai saja…
Untuk mengonlinekan Websekolah CMS Balitbang Kemdikbud, maka kita membutuhkan sebuah server yang selalu terhubung dengan internet selama 24 jam/7 hari. Server tersebut bisa kita sediakan sendiri atau menyewa kepada perusahaan penyedia jasa layanan web host. Untuk keperluan tersebut, biaya yang harus dikeluarkan tentu tidak sedikit. Sedangkan anggaran yang tersedia sangat pas-pasan atau bahkan masih minim. Sebagai solusinya, ada puluhan web host dari luar negeri maupun dalam negeri yang memberikan layanan gratis. Hal itu bisa kita gunakan sebagai sarana belajar.
Web host gratisan yang sudah saya coba di antaranya adalah http://www.cowhosting.net, http://www.idhotinger.com/, dan www.000webhost.com ,. Mereka memberikan juga alamat web (nama domain) gratis kepada kita sebagai sub domain mereka. Seperti kita di http://www.blogger.com/ atau http://www.wordpress.com/ alamat blog kita menjadi http://namablog.blogspot.com/ atau http://namablog.wordpress.com/. Sebagai contoh yang sudah saya gunakan yaitu http://www.sman1bolbar.16mb.com
Beberapa web host yang telah saya coba di atas, rata-rata memberikan fasilitas antara lain :
  1. 2-5 giga diskspace untuk penyimpanan data.
  2. Vista Panel untuk ruang admin pada server.
  3. 100-200 giga per bulan bandwidth data transfer.
  4. Akun POP email sehingga kita bisa memiliki alamat email sesuai dengan web kita, misalnya admin@sman1bolbar.16mb.com
  5. 50 MB MySQL database
  6. Automatic script installer untuk menginstall CMS seperti WordPress, Joomla, Mambo atau yang lain.
  7. Akun FTP sebagai alat untuk mengatur data yang kita miliki (upload, download, edit atau delete).
  8. phpMyAdmin bahasa pemrograman yang juga digunakan dalam CMS Balitbang Kemdikbud
Jika beberapa alamat di atas masih kurang, kita bisa menelusuri sebuah website yang menyediakan informasi tentang web host gratisan yaitu http://www.free-webhosts.com/. Di sana juga tersedia informasi tentang fasilitas apa saja yang diberikan penyedia layanan free web hosting kepada kita.
Setelah menemukan satu hosting yang dirasa pas, yang perlu kita lakukan adalah mendaftarkan diri kepada web hosting tersebut.

Komentar