Membangun Websekolah Online 1

Pendahuluan
Seiring dengan perkembangan websekolah pada saat ini, saya memberanikan diri untuk menulis posting ini. Saya hanya akan berbagi pengalaman kepada teman-teman semua. Sebuah pengalaman yang saya dapatkan dari proses belajar, try & solved untuk mengonlinekan websekolah. Saya sadari bahwa apa yang akan saya sampaikan di sini masih banyak kekurangannya. Namun, semoga pengalaman ini bisa bermanfaat bagi kita. Tak perlu berpanjang kata, marilah kita mulai saja…
Untuk mengonlinekan websekolah, maka kita membutuhkan sebuah server yang selalu terhubung dengan internet selama 24 jam/7 hari. Server tersebut bisa kita sediakan sendiri atau menyewa kepada perusahaan penyedia jasa layanan web host. Untuk keperluan tersebut, biaya yang harus dikeluarkan tentu tidak sedikit. Sedangkan anggaran yang tersedia sangat pas-pasan atau bahkan masih minim. Sebagai solusinya, ada puluhan web host dari luar negeri maupun yang ada dalam negeri yang memberikan layanan gratis. Walaupun hosting yang kita gunakan gratis, namun cukup bagus untuk sarana belajar. Saya sendiri telah membuktikannya dengan mempergunakan hosting gratis selama kurang lebih satu tahun ini dengan alamat url http://sman1bolbar.16mb.com.
Sebelum melangkah lebih jauh, perlu diketahui bahwa artikel ini merupakan tutorial bersambung mengenai cara membangun websekolah online. Adapun beberapa bab yang akan saya sampaikan, antara lain :
  1. Download dan installasi websekolah dengan CMS Balitbang Kemdikbud.
  2. Persiapan database instalasi Websekolah.
  3. Membuat database di server free web hosting.
  4. Persiapan upload file ke free web hosting.
  5. Upload file websekolah ke free web hosting.

Komentar