Jumat, 04 Mei 2012

Membangun Websekolah Online 4


Melanjutkan bagian tiga yang lalu, setelah file “websekolah.sql” kita simpan, matikan “server apache” Xampp yang masih berjalan.
Adapun cara mematikannya adalah, dengan melakukan click pada stoop“apache” dan stoop“mysql” Bila keduanya telah hilang dari layar komputer kita, berarti proses “server apache” sudah berakhir.
Database websekolah sudah siap.
Giliran sekarang kita akan menginstall websekolah ke server kita menggunakan file “websekolah.sql” yang telah kita buat.
Koneksikan komputer dengan internet. Hosting Gratis Buka alamat  klik baner hoting di atas, Kemudian masuk menggunakan akun login yang telah kita buat sebelumnya.

Pilihlah bagian Database Management. Klik “Control panel“. Klik beralih
Pada halaman berikutnya merupakan halaman control panel milik kita.
Oke sekarang kita akan membuat sebuah Nama database mysql, beri nama misalnya “web“. Dan User database Misalnya “ sma” kemudian Klik “buat“.

Muncul keterangan bahwa kita telah berhasil membuat database untuk websekolah dengan nama “u_1234567_web” dan Username “u_1234567_sma”  secara otomatis diberi awalan u_username cpanel kita .
Langkah berikutnya, kita akan mengatur database “u_1234567_web” tersebut melalui halaman phpmyadmin. Caranya, silahkan klik tulisan “phpmyadmin” yang terletak di disamping kanan tulisan nama database kita.
Setelah kita melakukan klik pada tulisan “phpmyadmin” tersebut, setelah muncul lagi halaman klik “masuk phpmyadmin” browser kita otomatis akan membuka sebuah tab baru. Tab baru tersebut merupakan halaman phpmyadmin yang nampak seperti gambar di bawah ini :
Database “u234567_web” kita masih kosong. Untuk itu kita perlu mengisinya. Caranya dengan mengimport file “websekolah.sql” yang telah kita buat ke dalam database online ini. Silahkan lakukan klik pada tab “Import”.

Tampilan halaman importer adalah seperti pada gambar berikut
Pada halaman ini, klik tombol “Browse” untuk mencari file “websekolah.sql” yang akan kita import.
Pilih file “websekolah.sql” jika sudah kita temukan.
Klik tombol “Open
Klik tombol “Go” yang terletak di sudut kanan bawah halaman.
Proses import selesai dan berhasil apabila muncul halaman seperti di bawah ini.
Sementara kita tinggalkan dulu database ini. Sekarang kita akan mempersiapkan file websekolah untuk kita upload ke server.
Load disqus comments

0 Komentar