- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Silabus ini lengkap semester 1 dan 2 ini hanya tampilan contoh saja. didalamnya sudah memuat pendidikan karakter untuk jurusan IPS, IPA dan Bahasa
Silabus PKn Kelas XII Ilmu IPS, IPA, dan Bahasa DOWLOAD 100 % GRATIS
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA N 1 BOLANGITANG BARAT
Mata Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : XII
Semester : 1
Program Studi : Ilmu Alam, Ilmu Sosial dan Bahasa
Standar Kompetensi : 1. Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka
Alokasi waktu : 6 x 45 menit
Silabus PKn Kelas XII Ilmu IPS, IPA, dan Bahasa DOWLOAD 100 % GRATIS
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA N 1 BOLANGITANG BARAT
Mata Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : XII
Semester : 1
Program Studi : Ilmu Alam, Ilmu Sosial dan Bahasa
Standar Kompetensi : 1. Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka
Alokasi waktu : 6 x 45 menit
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
1.1 Mendeskripsi-kan Pancasila sebagai ideologi terbuka | Pancasila sebagai ideologi terbuka o Makna ideologi negra o Proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara o Fungsi pokok Pancasila o Pancasila sebagai ideologi terbuka | · Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab | · Percaya diri (keteguhan hati, optimis). · Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik). · Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin) · Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan) | · Mengkaji dari berbagai sumber (buku, nara sumber dsb.) tentang proses perumusan Pancasila sejak sidang BPUPKI sampai dengan sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 · Menguraikan fungsi pokok Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara · Membandingkan ideologi terbuka dan ideologi tertutup · Berdiskusi hasil penggalian informasi makna Pancasila sebagai ideologi terbuka | · Mendeskripsikan makna ideologi negara · Mengemukakan proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara · Menguraikan fungsi pokok Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara · Membedakan ideologi terbuka dan ideologi tertutup · Mendeskripsikan makna Pancasila sebagai ideologi terbuka | · Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu) · Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk lainnya) · Presentasi | 4 X 45 | · Buku Kewarganegaraan Esis Kelas XII, karangan Dra. Retno Listyarti · Undang-Undang Dasar Republik Indonesia tahun 1945, amandemen I, II, III dan IV, Bandung: Citra Umbara · Nugroho Notosusanto (1983), Naskah Prokla-masi yang Otentik dan Rumusan Pancasila yang Otentik, Jakarta: PN Balai Pustaka. |
1.2 Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan | Nilai-nilai Pancasila o Pancasila sebagai sumber nilai o Pancasila sebagai paradigma pembangunan | · Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab | · Percaya diri (keteguhan hati, optimis). · Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik). · Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin) · Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan) | · Mengkaji dari beberapa sumber pustaka tentang Pancasila sebagai sumber nilai dan Pancasila sebagai paradigma pembangunan. · Berdiskusi hasil kajian tentang Pancasila sebagai sumber nilai dan sebagai paradigma pembangunan | · Mendeskripsikan Pancasila sebagai sumber nilai. · Mendeskripsikan Pancasila sebagai paradigma pembangunan · Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan | · Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu) · Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk lainnya) · Presentasi | 2 X 45 | · Buku Kewarganegaraan Esis Kelas XII, karangan Dra. Retno Listyarti · UUD 1945 · Buku-buku sumber yang relevan · Buku pelajaran lain · Media cetak dan elektronik. |
1.3 Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka | o Perilaku yang sesuai nilai- nilai Pancasila o Sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka | · Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab | · Percaya diri (keteguhan hati, optimis). · Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik). · Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin) · Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan) | · Mengidentifikasi berita di media elektronik (TV, internet dsb.) dan artikel dari media cetak (buku, koran, majalah dsb) sehingga dapat menunjukkan perilaku positif terhadap Pancasila · Mengamati perilaku masyarakat lingkungannya yang sesuai dengan nilai Pancasila sebagai ideologi terbuka (contoh: berani mengemukakan pendapat/demonstrasi) | · Menunjukkan contoh sikap dan perilaku positif yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila · Menemukan cara bersikap positif yang sesuai dengan Pancasila sebagai ideologi terbuka. | o Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu) o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk lainnya) o Presentasi | 2 X 45 | · Buku Kewarganegaraan Esis Kelas XII, karangan Dra. Retno Listyarti · Mustafa Kamatl Pasha, B. Ed, (2002) Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education), Yogyakarta: Citra Karsa Mandiri. · Media cetak dan media eletronik · Buku-buku sumber yang relevan · Buku pelajaran/paket lainnya. |
Komentar
Posting Komentar
Membuat Website Gratis
Saran Kritikan sangat diharapkan untuk membantu kami dalam penyempurnaan blog ini dan Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar yang melanggar norma-norma, berbau porno dan sejenisnya yang akan menimbulkan surasagol (Suku, Ras, Agama dan Golongan)